Monday, January 6, 2020

Dimurnikan oleh Kebenaran Firman-Nya ~ Ps. Robert Tedjasukmana

Catatan Ibadah ke-3 Minggu 05 Jan 2020

Kita harus tekun menemukan kebenaran firman Tuhan. Alkitab adalah buku yang berisi firman Tuhan atau firman Tuhan sendiri? Cara pandang kita akan menentukan sikap kita. Jika kita memandang Alkitab sebagai buku yang berisi firman, Alkitab tak ada bedanya dengan buku-buku lain yang membahas firman.

2 Petrus 1:16-18 menyatakan bahwa Alkitab bukan kebohongan. Jika Alkitab adalah kebohongan, berarti kebohongan ini telah bertahan selama lebih dari 2000 tahun. Namun, lewat surat ini Petrus menyatakan bahwa mereka adalah saksi mata dari kebesaran Yesus. Di dalam suratnya itu Petrus menceritakan pengalamannya bersama Yakobus dan Yohanes di atas gunung yang kudus. Kala itu mereka melihat Yesus berubah rupa dan wajah-Nya bercahaya dan pakaiannya putih bersinar terang. Lalu mereka mendengar suara dari sorga yang menyatakan bahwa Yesus adalah anak Bapa yang berkenan kepada-Nya. Kesaksiannya ini dituliskan pula dalam Matius 17:1-5.
2 Petrus 1:19a Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi.
Baca Alkitab Setiap HariPeristiwa di gunung tersebut membuat mereka mengalami peneguhan atas pesan para nabi yang ditulis di dalam Perjanjian Lama. Alkitab yang ada pada masa Yesus masih hidup adalah Perjanjian Lama. Yesus tidak mungkin membacakan tulisan Paulus atau surat Petrus karena pada saat itu Perjanjian Baru belum ditulis dan Paulus belum bertobat ketika Yesus masih hidup.
2 Petrus 1:19b Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.
Petrus tentunya ingin segera membagikan pengalamannya di atas gunung, tetapi Yesus melarangnya. Mereka baru boleh menceritakan segalanya setelah Yesus bangkit dari kubur. Yesus suka membaca Perjanjian Lama. Kita pun perlu memperhatikan Perjanjian Lama. Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, dan Ulangan adalah yang utama. Daniel, Kidung Agung, Yesaya, dan lainnya juga digunakan Yesus saat berkhotbah.
Mazmur 119:9 Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.
Alkitab adalah firman Allah. Nah, selagi masih minggu pertama di awal tahun, marilah kita membaca Alkitab dari kitab Kejadian. Pada akhir tahun nanti seharusnya sudah sampai di kitab Wahyu. Alkitab berisi tuntunan bagi kehidupan kita.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.