Sunday, August 4, 2019

Salomo dan Kekayaannya ~ Ps. Philip Mantofa

Catatan Ibadah ke-2 Minggu 04 Agustus 2019

Dari 1 Raja-raja 10:14-29 kita akan belajar tentang hikmat mengelola penghasilan dan keuangan. Salomo tidak kaya mendadak. Dia menjadi kaya lewat usahanya. Sekalipun dia anak orang kaya, dia tidak akan bisa meneruskan kekayaan ayahnya jika dia tidak memiliki hikmat. Ketika turun ke generasi berikutnya, biasanya kekayaannya juga menurun. Tidak mudah menjadi anak orang kaya karena dia akan selalu dibandingkan dengan ayahnya.

Oleh karena itu, Salomo tidak meminta kekayaan, umur panjang, atau pembalasan atas musuhnya. Hal pertama yang dia minta dari Tuhan adalah hikmat agar dia dapat mengelola dan memimpin rakyatnya. Karena hikmat tersebut, dia pun sanggup melampaui kekayaan ayahnya.
1 Raja-raja 10:14 Adapun emas, yang dibawa kepada Salomo dalam satu tahun ialah seberat enam ratus enam puluh enam talenta,
1 talenta = 34 kg. Jadi, setiap tahun Salomo menerima 666 x 34kg. Setiap kita juga diberi minimal 1 talenta. Kalau ada yang merasa tidak punya apa-apa, coba timbang badan Anda. Berat badan orang dewasa pasti lebih dari 1 talenta, kecuali sedang sakit. Timbangan tidak akan menipu. Jadi, kita semua pasti memiliki talenta, yaitu otak kita. Jangan minder meskipun hanya punya 1 talenta dan jangan sombong jika memiliki 5 talenta karena roda akan selalu berputar.
1 Raja-raja 10:15 belum terhitung yang didapat dari saudagar-saudagar dan dari pedagang-pedagang dan dari semua raja Arab dan bupati-bupati di negeri itu.
Hikmat Kekayaan
Salomo beroleh kekayaan dari eksplorasinya di bidang pelayaran. Dia memiliki banyak kapal yang telah menjelajah banyak tempat. Jika raja-raja lain hanya menjangkau daerah sekitarnya, Salomo berani mengeksplorasi tempat-tempat lain hingga ke Afrika. Selain itu, Salomo memperoleh kekayaan dari perdagangan dengan pedagang dan raja-raja Arab. Dia pun beroleh penghasilan tetap dari bupati-bupati. Ini karena Salomo telah membuat sistem kerja yang baik.
1 Raja-raja 10:16-17 Raja Salomo membuat dua ratus perisai besar dari emas tempaan, enam ratus syikal emas dipakainya untuk setiap perisai besar; ia membuat juga tiga ratus perisai kecil dari emas tempaan, tiga mina emas dipakainya untuk setiap perisai kecil; lalu raja menaruh semuanya itu di dalam gedung "Hutan Libanon".
Salomo telah menabung 666 talenta setiap tahunnya selama 20 tahun. Semuanya disimpan di dalam gedung "Hutan Libanon". Lantas dia gunakan tabungannya ini untuk membangun Bait Allah terlebih dahulu selama 7 tahun dan 13 tahun untuk membangun kerajaannya. Jadi, Salomo membangun kerohaniannya terlebih dahulu sebelum membangun tempat kerjanya.
1 Raja-raja 10:23 Raja Salomo melebihi semua raja di bumi dalam hal kekayaan dan hikmat.
Saat ini ada banyak orang kaya di dunia, seperti Warren Buffet dan Bill Gates, tetapi kekayaan Salomo melebihi mereka semua. Salomo seperti orang yang memiliki gabungan dari semua talenta yang kita miliki. Dia memahami banyak hal.
1 Raja-raja 10:23-24 Seluruh bumi berikhtiar menghadap Salomo untuk menyaksikan hikmat yang telah ditaruh Allah di dalam hatinya.
Biasanya ada orang kaya yang justru ingin dijauhi orang karena sikapnya yang buruk sehingga dia hanya didekati oleh orang-orang yang berusaha mencari keuntungan darinya. Namun, Salomo justru dicari orang karena hikmatnya. Mungkin ya tetap ada orang yang mencarinya karena kekayaannya, tetapi hikmatnya lebih dicari orang.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.