Sunday, April 14, 2019

Kaya dalam Kebajikan: Mengampuni ~ Pdt. Rubin Adi Abraham

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 14 April 2019
1 Timotius 6:18 Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi
Mari kita belajar kepada seorang tokoh di Alkitab yang kaya dalam kebajikan, yaitu Daud. Biasanya para raja akan membunuh seluruh keturunan raja terdahulu agar tahtanya aman. Namun, Daud tidak melakukan hal yang sama. Ketika Saul meninggal dan dia diangkat menjadi raja, Daud malah mencari keturunan Saul untuk menunjukkan kasihnya.
2 Samuel 9:1 Berkatalah Daud: “Masih adakah orang yang tinggal dari keluarga Saul? Maka aku akan menunjukkan kasihku kepadanya oleh karena Yonatan.
Ciri-ciri orang yang kaya dalam kebajikan seperti yang dikehendaki oleh Yesus, antara lain:
1. Mengampuni.
2. Memberi berkat.
3. Menjadikan anak raja.

MENGAMPUNI
1 Yohanes 3:18 Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.
Mengampuni itu Indah
Kasih itu harus ditunjukkan secara nyata lewat perbuatan kita. Tuhan bisa mengetahui pertobatan kita, tetapi orang lain baru bisa melihat kasih lewat perbuatan kita. Setiap anak Tuhan harus kaya dalam kebajikan, seperti dalam kisah orang Samaria yang baik hati. Ketika melihat orang tergeletak di jalan, orang Samaria tersebut langsung tergerak untuk memberikan pertolongan.

Sekalipun semasa hidupnya Saul pernah berusaha membunuh Daud karena iri hati atau merasa tersaingi olehnya, hal ini tidak mendorong Daud untuk melakukan pembalasan kepada keturunan Saul. Dia malah menunjukkan kasihnya kepada anak Yonatan, yaitu Mefiboset.

Kita pun harus senantiasa mengampuni orang-orang yang telah menyakiti atau mungkin menghina kita. Kita memang tidak bisa mengendalikan mulut orang lain, tetapi kita bisa menjaga hati kita. Mengampuni itu seperti membebaskan seorang tahanan dari penjara. Ketika pintu penjara dibuka dan tahanannya keluar, kita pun segera menyadari bahwa kitalah tahanan yang sebenarnya.

PENGAMPUNAN ADALAH (GMS Live)
Dalam kegelapan hatiku tak hentinya anugerah-Mu. Engkaulah satu kasih sejati. Tuhan ajarku mengerti. Diampuni itu sangat indah. Diampuni itu mulia. Yang Kau rindukan ku bahagia, kumau memb’ri yang kuterima.
Chorus: Mengampuni itu kasih. Mengampuni itu indah. Damai sejahtera sukacita tak terkata. Hati yang melimpah. Mengampuni itu memb’ri. Mengampuni itu rela. Tak ‘kan kutolak kerinduan-Mu ya Bapa ampuni sesama.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.