Sunday, March 17, 2019

Doa Tidak Dijawab (2) ~ Ps. Sukirno Tarjadi

Doa Tidak Dijawab
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 17 Maret 2019

5. Peperangan Rohani.
Daniel 10:12-13 Lalu katanya kepadaku: "Janganlah takut, Daniel, sebab telah didengarkan perkataanmu sejak hari pertama engkau berniat untuk mendapat pengertian dan untuk merendahkan dirimu di hadapan Allahmu, dan aku datang oleh karena perkataanmu itu. Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia.
Doa Daniel sudah didengar sejak hari pertama dia berdoa. Namun, jawaban doanya tidak langsung sampai kepadanya karena di sini ada yang disebut raja-raja orang Persia. Merekalah yang menghalang-halangi jawaban doa. Namun, untuk mengatasi hal ini, Daniel tetap berdoa. Kita pun harus tetap berdoa dengan menyadari bahwa setiap doa kita bisa merupakan peperangan rohani.

6. Tidak disertai puasa.
Matius 17:21 [Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.]"
Jika kita sudah berdoa, tetapi belum juga mendapatkan jawaban, mungkin kita harus berpuasa. Pak Sukirno pun pernah bergantian puasa untuk mendoakan keselamatan jiwa-jiwa di lingkungan sekitarnya. Ketika doa dijawab, dia pun terkejut. Seringkali kita seperti ini. Kita minta sesuatu dan ketika dikabulkan, kita malah terkejut.

Suami Kekanakan
7. Suami hidup tidak bijaksana dengan isteri. Ini hal yang lucu, tetapi benar adanya. Jika suami ingin doanya dijawab, dia harus bijaksana dengan isterinya. Caranya silahkan ditanyakan kepada Tuhan.
1 Petrus 3:7 Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.
8. Tuhan punya rencana lain buat hidup kita.
2 Korintus 12:9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.
Paulus berdoa agar dibebaskan dari utusan iblis yang menggocoh dirinya, tetapi Tuhan tidak menjawab doanya karena Tuhan punya rencana lain bagi dirinya. Jadi, ketika berdoa, kita tidak boleh memaksakan kehendak kita. Namun, kita harus berdoa seperti Yesus, yaitu agar kehendak Tuhan saja yang terjadi.
1 Tesalonika 5:17 Tetaplah berdoa.
Robby Sugara meninggalkan isteri dan ketujuh anaknya selama bertahun-tahun tanpa pemberitahuan. Selama ditinggal oleh Robby, isteri dan ketujuh anaknya terus menerus berdoa sambil menyalakan lilin agar Robby kembali kepada mereka. Setelah 7 tahun berlalu beberapa lilin sudah mati dan akhirnya hanya tersisa 1 lilin. Ada satu anak Robby yang tetap yakin bahwa papanya masih hidup. Maka, dia terus menerus berdoa agar papanya kembali ke rumah dan doanya dijawab dengan kembalinya Robby setelah 14 tahun pergi dari rumah.

Maka, tetaplah berdoa apapun yang terjadi. Tetaplah berdoa sekalipun yang lain sudah berhenti. Tetaplah berdoa hingga sesuatu terjadi.

TUHAN TAK PERNAH GAGAL. Engkau yang lebih tahu cara untuk membuka jalanku. Engkau yang lebih mengerti cara untuk menolong hidupku. Kupercaya Kau Tuhan yang tak pernah gagal menjadikanku lebih dari pemenang. Kupercaya Kau Tuhan yang tak pernah lalai menepati janji-janji-Mu.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.