Sunday, February 10, 2019

Ilah Lain - Ps. Philip Mantofa

Angka Sial
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 10 Feb 2019

Selain itu, ketika melihat bulan dan bintang, jangan menyembahnya tetapi sembahlah penciptanya. Tak perlu percaya kepada ramalan bintang. Percaya kepada Tuhan saja.
Bila kupandang bulan dan bintang, ajaib dan mulialah karya-Mu. Kujatuh tersungkur di bawah kaki-Mu. Kusembah Kau Tuhan, kusembah Kau Tuhan. Kusembah Kau Tuhan, kusembah Kau.

Dulu di Jepang ko Philip berteriak-teriak kepada orang-orang Jepang: "Jangan menyembah matahari, tetapi sembahlah Tuhan yang menciptakan matahari." Lalu banyak yang terjamah dan menangis.
Efesus 5:11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.
Waspada IblisHindari pula budaya Halloween yang jatuh pada bulan Oktober karena perayaan ini sarat dengan kepentingan iblis. Ketika di luar negeri, ko Philip pernah berdoa bersama teman-teman CG pada hari Halloween lalu lampu di ruangan mati nyala sendiri. Mereka memang sengaja berdoa pada saat Halloween karena saat itu banyak anak diculik untuk persembahan di gereja setan. Meskipun terlihat lucu karena anak-anak memakai kostum tertentu, tetapi pada perayaan ini beberapa anak hilang diculik sehingga beberapa orang tua berkabung dalam momen ini.
Efesus 4:27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.
Iblis adalah musuh kita dan kita tidak perlu bermain-main dengan dia. Begitu pula dengan film horor. Sebaiknya tidak menonton film horor sekalipun endingnya iblis dikalahkan karena setiap buah memang ada sisi baik dan buruknya. Film-film lain juga ada unsur kekerasannya tetapi kita berbicara tentang racunnya dulu. Ini seperti melarang anak kita makan racun tikus atau kapur barus. Sekalipun kapur barus seperti mentos, kita pasti melarang anak kita memakannya.

Sebagai orang tua rohani ko Philip juga melarang jemaatnya menonton film horor. Hal ini demi kebaikan hubungan dengan Tuhan dan bukan disebabkan oleh rasa takut. Ko Philip sudah pernah berurusan dengan iblis yang asli, yang bermanifestasi dalam berbagai wujud sehingga tidak takut dengan hasil make up artist. Ketika umur 16 tahun, dia dan 39 orang lainnya menonton film horor secara bersama-sama.

Setelah menonton film tersebut 39 orang langsung terkena migrain. Hanya ko Philip yang tidak terkena migrain. Namun, ini juga tidak membuatnya dekat dengan Tuhan karena saat itu hatinya keras. Ketika melihat orang jatuh, dia pun tidak memiliki belas kasihan dan tidak pernah menangis. Dulu dia Winter dan baru bertobat saat umur 18 tahun. Nah, film horor juga bisa membuat kita kebal dengan kehadiran Tuhan.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.