Thursday, May 10, 2018

Manusia Jaman Now versus Kristen Sejati ~ Ps. Philip Mantofa

Drama: Kapokmu Kapan?!!
Catatan Ibadah Kenaikan Yesus ke-1 Kamis 10 Mei 2018
(youtu.be/jvez9aaqzPg dan youtu.be/FW77tHkBPq0)
2 Timotius 3:1-9 Keadaan manusia pada akhir zaman. Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!
MENCINTAI DIRI SENDIRI
Jangan egois
Saat ini menjadi orang Kristen semakin sulit. Di Amerika pendeta bisa dipenjara jika tidak menikahkan pasangan sejenis, seperti kumis dengan kumis. Di Singapura pendeta pun harus mendapatkan izin dari pemerintah sebelum memasuki ruang khotbah. Selain itu, di zaman akhir ini orang-orang di sekitar kita juga semakin egois hingga sering mengorbankan orang lain. Keegoisan ini pun bisa menular seperti kereta termasuk menjangkiti orang-orang Kristen sehingga lebih berbahaya daripada virus dan bakteri.

Kalau naik pesawat, ko Philip biasanya ditempatkan di dekat pintu darurat. Anak-anak dan orang tua tak mungkin ditempatkan di sana karena kursinya tidak nyaman. Selain itu, bahaya sekali jika kru pesawat salah menempatkan orang di dekat pintu darurat. Jika orang egois ditempatkan di sana, bisa-bisa orang itu langsung menyelamatkan dirinya sendiri lalu segera menutup pintu darurat.
Korban kapal Titanic juga sangat banyak bukan karena kekurangan sekoci. Ini karena orang-orang kaya yang egois yang telah mengeluarkan banyak uang untuk naik kapal tersebut sehingga mereka tega meninggalkan korban-korban lainnya.

HAMBA UANG
Orang yang menjadi hamba uang seperti dalam drama tadi biasanya sangat perhitungan dalam uang kecil tetapi mudah mengeluarkan uang besar karena mereka cenderung serakah. Alhasil, orang semacam ini mudah tertipu oleh iming-iming keuntungan yang besar. Mereka tidak bisa melihat manusia secara objektif karena fokusnya hanya laba yang besar. Hamba uang juga cenderung menjadi orang yang egois sehingga sanggup menghalalkan segala cara untuk mengambil uang orang lain, termasuk membunuh, merampok, dll.

Obat penawar pengaruh akhir zaman hanya satu, yaitu kasihi Tuhan Allahmu melebihi kasihmu kepada hal-hal lain. Kita tidak bisa memaksa orang lain mencintai kita dan hanya Tuhan yang bisa memerintah kita untuk mencintai-Nya. Jika seseorang mengasihi Tuhan, dia akan selalu diajari untuk mengasihi sesama. Ujian ini pun harus dilewati setiap hari dan harus sering her (ujian ulang) karena belum bisa sempurna.

Jika kita memaksa orang lain untuk mencintai kita, mau tak mau orang tersebut harus menerima segala kekurangan kita pula. Anak mau tak mau harus menerima cara mendidik orang tuanya yang tak sempurna. Kepahitan pun bisa terjadi karena harapan yang terlampau tinggi. Namun, jika Tuhan memaksa kita mencintai-Nya, DIA akan menyempurnakan cinta kita.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.