Sunday, April 8, 2018

Pengharapan ~ Ps. Sidney Mohede (JPCC)

Hope
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 08 April 2018

Di dalam Alkitab ada dua kata harapan, yaitu:
1. yachal: to wait for
2. gavah: to wait (seperti tali yang ditarik hingga hampir putus)
Ini berarti bahwa berharap mengharuskan kita menunggu dengan sabar. Dengan kata lain, kesabaran adalah bukti dari pengharapan. Putus asa seringkali lupa bahwa masih ada banyak halaman di dalam buku cerita kita, sedangkan harapan menyukai keseluruhan isi buku cerita. Hidup kita seperti sebuah buku cerita yang belum diketahui akhirnya. Bahkan, sekalipun hidup kita di dunia ini berakhir, cerita kita belum berakhir karena masih ada kehidupan kekal.

Mazmur 130:5-7 Aku menanti-nantikan TUHAN, jiwaku menanti-nanti, dan aku mengharapkan firman-Nya. Jiwaku mengharapkan Tuhan lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi, lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi. Berharaplah kepada TUHAN, hai Israel! Sebab pada TUHAN ada kasih setia, dan Ia banyak kali mengadakan pembebasan.

Hidup karena Iman
Sekalipun situasi dan keadaan tidak sesuai keinginan kita, kita harus tetap percaya kepada karakter Allah bahwa Dia baik. Dia sungguh baik. Dia teramat baik. Ketika Hosea berada dalam kesesakan karena bangsanya melawan Tuhan, dia menubuatkan bahwa lembah penderitaan (Akhor) menjadi pintu pengharapan. 400 tahun kemudian nubuat ini pun digenapi dengan kelahiran Yesus.
Hosea 2:14 Aku akan memberikan kepadanya kebun anggurnya dari sana, dan membuat lembah Akhor menjadi pintu pengharapan. Maka dia akan merelakan diri di sana seperti pada masa mudanya, seperti pada waktu dia berangkat keluar dari tanah Mesir.

Yesus sendiri mengatakan bahwa Dia adalah pintu. Dialah sumber pengharapan kita. Jadi, sekalipun ada masalah keluarga atau pernikahan, bisnis belum lancar, sakit belum sembuh, dan doa-doa lain belum dijawab, kita tetap percaya bahwa Yesus baik.
Yohanes 10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.
1 Petrus 1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,

Be Grateful
Even If merupakan salah satu lagu yang menguatkan kak Sidney dalam menghadapi penyakitnya. Semoga lagu ini juga bisa menguatkan setiap orang yang berada dalam kesesakan. Jangan kecewa kepada Tuhan. Kita harus tetap berharap kepada Tuhan seperti Sadrakh, Mesakh, dan Abednego.
Daniel 3:17-18 Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu."

EVEN IF (Mercy Me)

[Verse 1]: They say sometimes you win some. Sometimes you lose some. And right now, right now I'm losing bad. I've stood on this stage night after night. Reminding the broken it'll be alright But right now, oh right now I just can't.

[Pre-Chorus]: It's easy to sing When there's nothing to bring me down. But what will I say When I'm held to the flame Like I am right now.

[Chorus]: I know You're able and I know You can Save through the fire with Your mighty hand. But even if You don't, My hope is You alone.

[Verse 2]: They say it only takes a little faith To move a mountain. Well, good thing. A little faith is all I have right now. But God, when You choose To leave mountains unmovable, Give me the strength to be able to sing It is well with my soul.

[Chorus]: I know You're able and I know You can Save through the fire with Your mighty hand. But even if You don't, My hope is You alone. I know the sorrow, and I know the hurt Would all go away if You'd just say the word. But even if You don't, My hope is You alone.

[Bridge]: You've been faithful, You've been good All of my days. Jesus, I will cling to You Come what may ‘Cause I know You're able. I know You can.
[Outro]: It is well with my soul. It is well, it is well with my soul.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.