Sunday, February 25, 2018

Formula Menghasilkan Duit

Karena Iman
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 25 Februari 2018

Zaman now zaman edian. Banyak orang sibuk mencari uang atau duit hingga menghalalkan segala cara untuk memperolehnya. Ada pula orang-orang yang sibuk menumpuk duit tetapi tak bisa menikmatinya karena mereka tetap saja tak pernah merasa cukup.
1 Timotius 6:17 Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.
Cobalah berhenti sejenak dari segala rutinitas yang ada lalu renungkan untuk apa kita diciptakan? Kita lahir tak bawa apa-apa dan nantinya kita juga tak bisa bawa apa-apa saat kembali ke rumah Bapa kita di sorga. Jadi, dapat dipastikan bahwa duit bukanlah tujuan hidup kita. Lalu untuk apa orang mencari duit? Duit ini hanya kita butuhkan sebagai alat tukar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita dan juga untuk menggenapi panggilan Tuhan di dalam hidup kita.

Hidup ini pun selalu memberikan pilihan karena kita juga diberi kehendak bebas untuk memilih. Nah, kamu pilih duit atau pilih sukacita? Jika kita terlalu fokus sama duit dan segala sesuatunya dinilai dengan duit, kita bisa semakin jauh dari Tuhan dan mudah dimanfaatkan iblis. Jika jauh dari Tuhan, kita juga bisa kehilangan kekuatan dan sukacita karena Tuhanlah sumber sukacita kita. Jika pilih sukacita, jadikan Tuhan sebagai yang utama dalam hidupmu, niscaya duit datang dengan sendirinya.
Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
Cari Tuhan dulu
Jadi, carilah Tuhan dulu dan hidupi kebenarannya. Sebenarnya DUIT halal adalah kombinasi Doa, Usaha, Iman, dan Taat.

DOA. Banyak doa, banyak berkat. Sedikit berdoa, sedikit berkat. Tidak berdoa, tidak ada berkat. Oleh karena itu, apapun yang terjadi, tetaplah berdoa tanpa kenal lelah atau bosan.
Lukas 18:7 Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka?
Namun, sebaiknya jangan berdoa minta berkat tetapi berdoalah agar bisa menjadi berkat.
HIDUP INI adalah KESEMPATAN
Hidup ini adalah kesempatan. Hidup ini untuk melayani Tuhan. Jangan sia-siakan apa yang Tuhan beri. Hidup ini harus jadi berkat.
Reff: Oh Tuhan pakailah hidupku Selagi aku masih kuat. Bila saatnya nanti ku tak berdaya lagi, Hidup ini sudah jadi berkat.

Doa pasti mengubah sikap hati pendoa sehingga selaras dengan kehendak Tuhan. Berdoa tuh seperti mengobrol dengan orang tua atau saudara atau teman tetapi tetap hormat lho karena berdoa tuh bicara dengan Penguasa segalanya. Kalaupun kita salah berdoa, Tuhan akan meluruskan sikap hati kita. Contoh: Aku berdoa minta cepat tetapi Tuhan menjawab tunggu untuk melatih iman dan kesabaranku.

USAHA. Jika tak tahu apa yang harus dilakukan, berdoa saja dan akuilah segala keterbatasanmu. Selanjutnya, Tuhan sendiri yang akan mengarahkan langkah kita dengan memberikan ide-ide baru atau tiba-tiba ada tawaran atau peluang atau kesempatan yang diberikan kepada kita. Lantas segeralah take action sesuai petunjuk Tuhan meskipun kadangkala petunjuk-Nya melampaui akal. Contoh: Kita diminta memberi di saat kekeringan seperti janda di Sarfat. Just do it.
Pengkhotbah 11:6 Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik.
Oh iya, berkat Tuhan tak selalu berupa duit sehingga benih yang perlu kita tabur juga tak selalu berupa duit.

Iman mengalahkan dunia
IMAN. Jika sudah berdoa dan berusaha (ora et labora), yakinlah bahwa semua itu tidak sia-sia. Inilah iman. Kita percaya dulu sebelum melihat. Semua akan menjadi indah pada waktu-Nya. Pertolongan Tuhan tak pernah terlambat. Selalu ada jalan walau seakan tiada jalan asalkan kita percaya penuh kepada-Nya dan tidak bersandar pada pengertian kita sendiri.​
Terobosan Iman

TAAT. Hidupi firman Tuhan. Selain percaya kepada Tuhan, kita pun harus bertindak sesuai kepercayaan kita karena iman harus disertai perbuatan.
Ulangan 11:26-28 Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk: berkat, apabila kamu mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal.
Itulah formula menghasilkan duit.
Just do it. Do the best and let God finish it.
^_^

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.