Sunday, March 19, 2017

Move On ~ Pdt.Andreas Nawawi

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 19 Maret 2017

Move on berarti terus bergerak maju dan tidak berfokus pada kegagalan masa lalu.
Kejadian 34:30-31 Yakub berkata kepada Simeon dan Lewi: "Kamu telah mencelakakan aku dengan membusukkan namaku kepada penduduk negeri ini, kepada orang Kanaan dan orang Feris, padahal kita ini hanya sedikit jumlahnya; apabila mereka bersekutu melawan kita, tentulah mereka akan memukul kita kalah, dan kita akan dipunahkan, aku beserta seisi rumahku." Tetapi jawab mereka: "Mengapa adik kita diperlakukannya sebagai seorang perempuan sundal!"

Mengapa Yakub tidak sehati dengan anak-anaknya? Simeon dan Lewi selalu menghormati ayahnya tetapi saat itu mungkin mereka lupa menyampaikan rencana mereka kepada ayahnya. Dulu Yakub berhasil menang dari Esau dengan menipu ayahnya. Lalu setelah menikahi kedua anak pamannya, dia juga lihai mendapatkan kambing-kambing pamannya. Kebiasaan ini terus terbawa olehnya hingga dia dewasa. Semua tentang 'aku'.

Yakub seharusnya sadar bahwa dia tak lagi sendiri. Namun, ketika Simeon dan Lewi melakukan tindakan pembelaan demi Dina, Yakub banyak menggunakan kata "aku", bukan "kita". Memang tak salah jika dia memikirkan dirinya tetapi dia pun harus berusaha memberikan yang terbaik kepada keluarganya.

Nama Baik. Yakub takut kehilangan nama baik. Nama baik memang penting. Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, dan manusia mati meninggalkan nama baik. Namun, keluarga yang baik lebih penting daripada nama baik.

Keluarga Baik. Ada seorang pria yang terkenal handal dalam berlayar. Namun, suatu hari dia tidak pulang-pulang dari pelayarannya. Keluarganya cemas tetapi teman-temannya mengatakan bahwa mereka tak perlu khawatir karena dia orang yang hebat. Namun, hingga 10 hari dia tak kembali sehingga keluarganya meminta bantuan tim penyelamat untuk menemukan perahunya.

Perahu itu pun ditemukan dalam kondisi terbalik dan pria tersebut tak dapat ditemukan hingga kini. Kemudian kapal diselidiki dan ternyata kapal terbalik karena bagian pemberat di bawah kapal tidak diperhatikan dengan baik. Orang lain mungkin melihat kehebatan kita tetapi yang paling mengenal kekurangan kita adalah keluarga. Namun, kadang kala kita bekerja terlalu keras hingga keluarga terabaikan. Apa gunanya memiliki seisi dunia jika keluarga terabaikan?

Hamba yang Baik dan Setia
Hamba yang Baik. Meskipun demikian, ada yang lebih penting dari nama baik dan keluarga yang baik, yaitu menjadi hamba Tuhan yang baik. Jika kita menjadi hamba yang baik, kita pasti memiliki nama baik dan keluarga yang baik. Ini merupakan suatu kebahagiaan bila Tuhan berkata kepada kita: "Baik sekali, hai hambaku yang baik dan setia..."
Pengkhotbah 3:1 Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.
Di dalam film 'Funeral' seorang wanita bercerita di dekat jenasah suaminya. Dia mengatakan bahwa dia tidak akan menceritakan kelebihan atau kehebatan suaminya karena sudah banyak orang yang menceritakannya. Kemudian dia bercerita tentang kebiasaan mendengkur dan kentut suaminya yang berbunyi sangat keras. Ketika suaminya sakit parah, dia merasa bersyukur atas bunyi tersebut karena itu merupakan pertanda bahwa suaminya masih hidup. Pada akhirnya, ketika suaminya meninggal, hal-hal kecil itulah yang dia ingat.

HOW GREAT is OUR GOD ~ Chris Tomlin
Verse 1: The splendor of the King, clothed in majesty. Let all the earth rejoice, all the earth rejoice. He wraps Himself in light, and darkness tries to hide and trembles at His voice, trembles at His voice.
Chorus: How great is our God, sing with me How great is our God, all will see How great, how great is our God.
Verse 2: Age to age He stands, and time is in His hands . Beginning and the end, beginning and the end. The Godhead, three in one Father, Spirit, Son. The Lion and the Lamb, the Lion and the Lamb
Bridge: Name above all names Worthy of all praise. My heart will sing How great is our God.

Versi Indonesia: BESAR TUHANKU
Kemegahan Raja dalam kemuliaan. Bumi pun bersuka, Bumi pun bersuka. Dia datang dalam t'rang, Keg'lapan pun sirna. Umat-Nya bersujud Mendengar suara-Nya.
Reff: Besar Allahku. Nyanyikan besar Allahku. S'lamanya besar dan ajaib Tuhanku.
Bridge: Layak disembah. Kau Raja s'gala Raja. Hatiku bernyanyi Kau besar.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.