Sunday, February 5, 2017

Bahagia dalam Memberi ~ Ps.Philip Mantofa

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 05 Februari 2017

Di ruang doanya ko Philip mendapatkan sebuah nubuatan bahwa Tuhan akan memberkati Indonesia Timur. Banyak pemimpin kegerakan dan pemimpin gereja akan bangkit dari Indonesia Timur. Beberapa waktu lalu banyak sekolah di Ambon tiba-tiba meminta GMS untuk mendidik anak-anak mereka. Bahkan, buku Before 30 Discipleship untuk anak SD telah dijadikan salah satu buku kurikulum wajib di sana.

Oleh karena itu, mereka memesan 4000 buku tersebut yang harganya sekitar Rp100.000,- per buku (belum termasuk ongkos kirim). Namun, GMS akan memberikan buku itu secara cuma-cuma kepada anak-anak yang berprestasi. Maka, jemaat yang tergerak untuk membantu misi Tuhan atas Indonesia Timur bisa mendatangi Pustaka Rajawali untuk membelikan buku bagi anak-anak tersebut.

1. Bahagia dalam Memberi. (youtu.be/X6z-FmD1ANY) Matius 5:7 Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.
2. Bahagia dalam Menjaga Kekudusan. (youtu.be/XzbWeD3A7vg)  Matius 5:8 Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.
3. Bahagia dalam Melayani. Matius 5:9 Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
4. Bahagia dalam Dianiaya dalam Kebenaran. Matius 5:10 Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.

KUB'RIKAN
Telah kudapati Kasih yang sejati yang mampu mengubahkan hatiku. Kasih yang Kau beri Jauh melebihi segalanya di dalam hidupku.
Reff: Kub'rikan semua yang berharga, Semua yang mulia, Semua yang terbaik dari hidupku, Hanyalah bagi-Mu, Hanyalah untuk-Mu, Hanyalah bagi kemuliaan-Mu.

Cara Bahagia dalam Memberi:
1. Memiutangi Tuhan. Amsal 19:17 Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.

Murah hati (mercy) harus ditujukan kepada orang yang lebih papa daripada kita: bagaimana kita memiutangi mereka, termasuk hutang budi. Jika kita memiutangi Tuhan, tentu kita akan beroleh berkat karena Tuhan tak pernah berhutang tetapi fokus kita bukan berkatnya. Kita harus memberi dengan ikhlas. Jika tujuannya memperoleh berkat, lebih baik tak usah memberi dan simpan saja sendiri.

Mazmur 41:2-4 Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada waktu celaka. TUHAN akan melindungi dia dan memelihara nyawanya, sehingga ia disebut berbahagia di bumi; Engkau takkan membiarkan dia dipermainkan musuhnya! TUHAN membantu dia di ranjangnya waktu sakit; di tempat tidurnya Kaupulihkannya sama sekali dari sakitnya.

KubrikanKo Philip tidak mau memanjakan anak-anaknya dengan mengabulkan semua keinginan mereka tetapi semua kebutuhan mereka pasti dipenuhi sekalipun mereka tidak memintanya. Sejak kecil anak-anak ko Philip, termasuk Vanesa telah dididik untuk belajar memberi. Suatu hari ketika Vanesa masih kecil dia memiliki tas lucu.

Lalu anak pembantunya yang datang dari desa terus menerus memperhatikan tasnya. Isteri ko Philip memberi kode kepada Vanesa untuk memberikan tas tersebut kepada anak pembantunya. Dengan mencucu (cemberut) Vanesa pun memberikan tas tersebut kepadanya. Ketika melihat Vanesa memberikan tasnya, ko Philip pun memposisikan dirinya untuk memiutangi Vanesa: "Jika papa diberkati, papa akan membuatmu memiliki pabrik tas, Vanesa...^_^"

Nah, setelah besar anak-anak ko Philip mulai berinisiatif sendiri untuk memberikan mainan atau barang-barang mereka kepada teman-teman atau orang lain yang menginginkan hal itu.

Kita harus mengikis mental anak kaya karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Suatu ketika di luar negeri ada teman ko Philip (sepasang suami isteri) yang meninggal karena ditabrak orang. Hal ini mengakibatkan anak-anaknya hidup sebatang kara (menjadi anak negara). Dengan menjadi anak negara biaya hidup anak-anak tersebut serba dibatasi. Untunglah orang tua mereka telah membekali mereka pengenalan akan Tuhan sehingga mereka bisa survive

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.