Sunday, January 1, 2017

Reaksi Keturunan Kain

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 01 Januari 2017

Ketika beberapa tulisanku menyindir ketidakakuratan sikap hati beberapa orang, salah satu orang yang mengaku Kristen malah bereaksi seperti Kain. Bukannya berusaha membenahi diri... dia malah mendepak salah satu pion yang menjadi teman seperjuanganku. Namun, mereka melakukannya dengan cantik, seperti kemampuan berperang yang dimiliki Kain.

Kebanyakan perusahaan memang menetapkan aturan yang melarang karyawan memiliki hubungan kekerabatan dalam satu perusahaan. Maka, tidaklah melanggar aturan jika orang HRD meminta admin marketing meninggalkan perusahaan karena dia akan segera menikah dengan orang produksi.
Namun, Tuhan mengatakan bahwa orang HRD telah bersikap tidak adil karena yang diminta keluar hanya  satu orang saja padahal karyawan yang punya hubungan kekerabatan bukan hanya admin marketing itu saja. Ada orang-orang lainnya dan orang HRD seharusnya mengetahui hal itu tetapi mereka dibiarkan. Oh, mungkin hanya Tuhan dan orang-orang HRD yang benar-benar mengetahui aturan sebenarnya.
Amsal 21:15 Melakukan keadilan adalah kesukaan bagi orang benar, tetapi menakutkan orang yang berbuat jahat.
Apakah peraturannya hanya tajam kepada orang-orang yang membahayakan posisi mereka dan tumpul bagi orang-orang yang mampu menyenangkan hati mereka? Apakah peraturannya hanya tajam kepada orang-orang baru dan tumpul kepada orang-orang lama? Apakah peraturannya hanya tajam kepada orang-orang lemah dan tumpul kepada orang-orang kuat?
Amsal 21:12-13 Yang Mahaadil memperhatikan rumah orang fasik, dan menjerumuskan orang fasik ke dalam kecelakaan. Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban, kalau ia sendiri berseru-seru.
Jangan dibingungan suara mayoritas
Banyak orang tidak mau memasuki level kedua (mencari Tuhan dan menghormati-Nya) karena ada harga yang harus dibayar. Mereka tidak mau kehilangan zona nyaman. Mereka tidak mau kehilangan teman baik yang tidak benar. Mereka tidak mau seperti Yeremia dan Yehezkiel yang dimusuhi oleh bangsa atau saudara seimannya sendiri. Mereka juga tidak mau dibilang kaku atau aneh karena dalam bercanda pun Tuhan tidak menyukai lelucon yang tidak kudus. Mereka lebih takut kepada pendapat manusia daripada Tuhan sehingga mereka tetap berupaya menyenangkan semua orang. Padahal, Tuhan mau kita menetapkan pilihan dengan jelas dan tegas. Fokus kita harus berbeda dari orang dunia.

¤ Pilih hitam atau putih (bukan abu-abu)? Pilih gelap atau terang (bukan remang-remang)?
2 Korintus 6:14-15 Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap? Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?
¤ Pilih dingin atau panas (bukan suam-suam kuku)?
Wahyu 3:16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.
¤ Pilih Tuhan atau dunia?
Yakobus 4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.
Untuk mengikuti Tuhan, kita hanya bisa memilih salah satunya dan tidak bisa memilih kedua-duanya.
Lukas 16:13 Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.
Semakin kita akrab dengan Tuhan, kita pun akan semakin dimampukan untuk mengasihi yang Dia kasihi dan membenci semua yang Dia benci.

ENGKAU RAJA SEGALA RAJA
Kurindu menyenangkan hati-Mu, Masuk dalam hadirat-Mu. Kusujud di hadapan tahta-Mu, Tinggikan dan muliakan nama-Mu.
Reff: Engkau Raja segala Raja, Engkau Tuhan yang berkuasa. Diam dalam hadirat-Mu Bapa Semua bebanku terlepas.
Ending: Diam dalam hadirat-Mu Bapa Semua bebanku terlepas. Semua bebanku terlepas. Dalam hadirat-Mu pasti semua beban terlepas.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.