Sunday, May 3, 2015

Pelajaran Manna: Krisis Ekonomi ~ Philip Mantofa (bagian 1)

Catatan Ibadah ke-1 Minggu, 3 Mei 2015 (youtu.be/BcNXz69ZLJY)
Manna, Sabat. Keluaran 16:1 Setelah mereka berangkat dari Elim, tibalah segenap jemaah Israel di padang gurun Sin, yang terletak di antara Elim dan gunung Sinai, pada hari yang kelima belas bulan yang kedua, sejak mereka keluar dari tanah Mesir.
>> Setiap masalah pasti ada masa kadaluarsanya. Setiap masalah pasti ada akhirnya jadi jangan menyerah saat menghadapi masalah.
Keluaran 16:2-3 Di padang gurun itu bersungut-sungutlah segenap jemaah Israel kepada Musa dan Harun; dan berkata kepada mereka: "Ah, kalau kami mati tadinya di tanah Mesir oleh tangan TUHAN ketika kami duduk menghadapi kuali berisi daging dan makan roti sampai kenyang! Sebab kamu membawa kami keluar ke padang gurun ini untuk membunuh seluruh jemaah ini dengan kelaparan."

3 Hal yang Perlu Dihindari di Masa Paceklik

Ketika menghadapi masalah, kita jangan seperti bangsa Israel. Ada 3 kesalahan yang mereka perbuat dan harus kita hindari saat berada di masa kekeringan, yakni:
1. Jangan menengok ke belakang. Jangan hidup di masa lalu. Saat melihat masa lalu kita cenderung mengingat hal yang baik saja dan melupakan yang buruk. Bangsa Israel hanya ingat makanan enak yang ada di Mesir tetapi tidak mengingat setiap cambukan yang mereka terima selama di sana.

Tetap Menabur di Masa Paceklik2. Jangan menggerutu di masa kini karena hal ini akan semakin memperlama kita keluar dari masalah. Jangan curiga terhadap Tuhan karena rasa curiga inilah yang membuat Adam jatuh ke dalam dosa. Jangan berpikir bahwa Tuhan sengaja menyembunyikan yang terbaik dari kita tetapi tetaplah percaya bahwa Tuhan sedang menyiapkan yang terbaik bagi kita.
Kutahu Rencana-MU: Tuhan kupercaya rencana-Mu indah walaupun saat ini tak kumengerti. Engkau telah berfirman 'kan b'ri masa depan damai sejahtera penuh harapan. Kutahu rencana-Mu indah bagiku. Kutahu kehendak-Mu baik bagiku. Kutahu rancangan-Mu sempurna bagiku. Kutahu jalan-jalan-Mu yang terbaik bagiku.

3. Jangan pesimis terhadap masa depan karena Tuhan sedang menanti di masa depan.
Keluaran 16:4 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa:

○ "Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.
○ Dan pada hari yang keenam, apabila mereka memasak yang dibawa mereka pulang, maka yang dibawa itu akan terdapat dua kali lipat banyaknya dari apa yang dipungut mereka sehari-hari."
>> Tuhan menempatkan kita di masa kekeringan untuk menguji kita: untuk mengetahui kita hidup sesuai hukum-Nya atau tidak. Bangsa Israel tidak boleh menyimpan manna melebihi batasan yang ditentukan. Ketika ada yang melanggarnya, manna yang disimpan menjadi busuk. Namun, ketika manna disimpan sesuai hukum-Nya, manna itu tetap segar dan tidak berbau busuk meskipun lewat sehari.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.