Sunday, May 10, 2015

Mengejar yang Utama: Dahulukan Kerajaan Allah

Catatan Khotbah ibadah ke-1 oleh Gina Dharmawan pada Minggu, 10 Mei 2015
Matius 6:33  Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
Kita perlu mencari Kerajaan Allah karena hidup kita di dunia ini hanya sementara. Nantinya kita akan checkout (meninggalkan dunia ini) dan tentunya ingin tinggal di Kerajaan Allah. Bila kita tidak mencarinya mulai dari sekarang, kita bisa tersesat karena kita tidak mengetahui jalan ke sana.

Dunia ini punya ketetapan dan aturan atau undang-undang. Kerajaan Allah juga punya aturan dan aturannya telah dituliskan di dalam Alkitab. Jika kita senantiasa membacanya, kita akan mengetahui cara hidup Kerajaan Allah. Pastikan kita terbiasa dengan pola hidup tersebut. Bila kita tidak menyukai aturan Kerajaan Allah yang tertulis di Alkitab, bisa jadi kita juga tidak betah menetap di Kerajaan Allah.

Ada seorang bapak mengajak keempat anaknya bepergian dengan kapal. Dengan uang yang terbatas mereka hanya bisa membeli tiket kapal sehingga mereka pun menyiapkan bekal makanan dari rumah. Dengan riang mereka memasuki kapal pesiar tetapi bekal makanan mereka terjatuh pada saat saling berdesakan dengan penumpang lain. Lantas si bapak menghibur anaknya: "anggap saja kita sedang berdoa puasa."

24 jam kemudian kapal tersebut baru tiba di tempat tujuan. Karena kelaparan, mereka tampak kesal. Ketika kapten kapal menyalami mereka, si kapten bertanya: “mengapa kalian cemberut?” Jawab si bapak: “kami lapar karena belum makan selama 24 jam.” Lantas kapten bertanya: “mengapa kalian tidak makan?” Dengan kesal si bapak mengatakan bahwa bekal mereka terjatuh ketika menaiki kapal.

Dengan tenang si kapten bertanya: “Apa kalian punya tiket? Coba saya lihat.” Bapak tersebut segera menyodorkan tiketnya lalu si kapten berkata kepadanya: “Benar, ini tiket untuk bapak dengan 4 orang anak. Coba lihat di balik tiket ini.” Ketika si bapak melihat bagian belakang tiket, dia membaca: “Tiket ini sudah termasuk makan 3 kali sehari, gratis minuman, dan gratis coklat fountain.”

Nah, kalau begini siapa yang salah? Bukan salah kapten bila bapak itu tidak membacanya karena tiket sudah ada di tangannya.

Mencari Kerajaan Allah
Kita semua pun telah diberi tiket untuk menuju Kerajaan Allah yaitu Alkitab. Bila Anda tidak membacanya, siapa yang mau disalahkan bila Anda tidak mengetahui janji-janji-Nya? Bila kita mencintai Tuhan, kita akan senantiasa membaca surat cinta-Nya (Alkitab) berulang-ulang kali seperti halnya bila kita sedang jatuh cinta kepada seseorang. Bila kita sudah tidak merasakan cinta semacam itu lagi, berdoalah dan ingatlah kembali kasih mula-mula yang telah kalian terima dari-Nya.

Matius 6:31-32 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

'KUNANTIKAN JANJI ALLAH': Kunantikan janji Allah dig’napi dalamku. Kuharapkan yang terbaik terjadi di dalamku. Yang kutahu Dia kerjakan seturut firman-Nya bagi kemuliaan-Nya, yang kuyakin Dia sediakan seturut kasih-Nya bagiku.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.