Thursday, May 25, 2017

Kuota Keselamatan ~ Ps. Philip Mantofa

Sejarah Gereja
Catatan Ibadah (Kenaikan Tuhan Yesus) ke-2 Kamis 25 Mei 2017
(youtu.be/wRVrLd9pfDc)

Bacaan >> Roma 11:25-36 Penyelamatan Israel
Roma 11:25 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.
Jangan bangga terhadap diri sendiri akan apa yang telah kau capai, kau miliki. Carilah tujuan ilahi dalam hidupmu.

Roma 11:28-29 Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang. Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.
Keselamatan orang Yahudi sudah tidak dapat ditangguhkan lagi. Meskipun banyak yang menyerangnya, orang Yahudi bisa tetap eksis karena Tuhan berhutang janji kepada Abraham. Saat ini orang Yahudi masih belum mau menerima Yesus dan terus menanti Mesias lainnya di tembok Ratapan karena mereka mengenal Yesus sebagai anak tukang kayu dari Nazareth.

Karena Nazareth merupakan kotanya para gembala dan di sana banyak orang miskin, mereka tidak mau menerima bahwa Mesias berasal dari sana. Karena mereka tidak mau menerima Injil, Injil pun diberitakan ke bangsa-bangsa lain hingga jumlah yang penuh. Kita tidak mengetahui jumlahnya. Namun, suatu saat nanti orang Yahudi akan menerima Yesus dan pada saat itu tiba tentulah tak ada lagi kesempatan bagi bangsa-bangsa lain.

Roma 11:30-32 Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan. Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.
Tuhan, ini Tugas Kami
Kita diselamatkan demi mereka yang belum taat. Kita diselamatkan untuk menyelamatkan domba-domba yang terhilang. Misalnya salah satu Gerombolan si Berat diselamatkan atau bertobat, dia pun dipilih untuk menyelamatkan rekan-rekannya (partner in crime) yang belum bertobat. Mungkin di dalam keluarga atau di tempat kerja kita Kristen sendirian dan kita juga bukan kepala keluarga atau pengambil keputusan, ini berarti kita dipanggil untuk menyelamatkan mereka yang ada di sekitar kita. Jika gereja tidak menyelamatkan, ini disebut gereja yang terhilang.

Roma 11:33-35 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya! Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya? Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya?

Naik-naik ke puncak gunung tinggi tinggi sekali. Kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara... hahaha...  'Naik-naik ke puncak gunung' itu tujuannya. Kiri kanan atau promosi hanyalah bonus-bonusnya. Jangan terfokus kepada bonusnya. Temukan tujuan ilahi di dalam hidupmu.
Roma 11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!
Jangan hanya menjadi Kristen dari Dia dan oleh Dia. Ini disebut Kristen berkat atau Kristen mujizat tetapi jadilah Kristen yang taat kepada Dia dan bagi Dia. Mari kita menyanyikan sebuah lagu yang dulu dinyanyikan pada hari baptisan ko Philip.

TUHAN INI TUGAS KAMI (Ir.Niko Njotorahardjo)
Berikan pada kami hati yang mengasihi jiwa-jiwa yang belum mengenal kasih Bapa. Mereka yang dalam g`lap, mereka yang tersesat. Hati kami iba seperti hati-Mu Yesus.
Reff : Tuhan ini tugas kami. Beri keb`ranian bagi kami. Taruhlah Roh yang rela melayani dan menyenangkan hati Tuhan itu yang kuingini.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.