Saturday, January 28, 2017

What You Think, What You Get


Okey... Setelah sekian jam yang melelahkan, flashdisk bootable telah siap dan selanjutnya tinggal dicolokkan ke laptop mini bermasalah. Plug... lho... kok masih belum bisa? Oh iya, restart dulu (CTRL+ALT+DEL) untuk setting BIOS (tekan F2). Sekarang ada 3 media booting pada tab Boot, yaitu hardisk, network, dan flashdisk. Seperti yang kita ketahui bersama hardisk dan network sudah gagal booting. Jadi, ini waktunya menjadikan yang terakhir sebagai yang terdahulu. Biarkan si pendatang baru flashdisk bootable unjuk gigi... hihihi... 

Berhasil, Berhasil, HoreWow... Berhasil, Berhasil, Hore. Sekarang sudah bisa booting, saudara-saudara. Kemudian dilanjutkan dengan proses ulang instalasi Windows. Bagaimana hasilnya? Sabar... Sabar... Sabar... Jangan tekan keyboard selama proses instalasi berlangsung sekitar 20-30 menit, kecuali memang ingin mengulang-ulang proses instalasinya.

Selanjutnya, mari kita cek device manager. Ealah...masih ada 2 driver yang belum ter-install (ada tanda seru dan warna kuning) pada driver network controller dan video controller. Ooooo... Masalah belum kelar. Aku harus cari driver lagi tetapi bagaimana kalau sampai salah driver lagi? Ah, aku tanya Om Google dulu: "cara mencari driver network controller."

Ya, tentu saja ada banyak pilihan jawaban tetapi cara termudah untukku adalah menggunakan software gratis yang disediakan oleh driveridentifier.com karena dengan software ini aku bisa segera mendapatkan pilihan driver yang paling kompatible dengan laptopku. Selanjutnya, tinggal download dan install software pengidentifikasi driver yang berukuran kecil. Namun, pastikan laptop telah dilengkapi anti virus untuk menghindari masalah lebih lanjut.

Selanjutnya, tinggal jalankan software tersebut lalu klik scan hingga software menampilkan kondisi driver. Lalu download driver yang belum ada sesuai pilihan yang disajikan. Setelah download, langsung install saja karena aku tidak suka menunda-nunda pekerjaan... hehehe...

Eh, ternyata kekhawatiranku benar adanya. Selama proses instalasi berlangsung, beberapa kali anti virus memberitahu bahwa ada virus yang mau merusak registry dan disarankan untuk nge-block pergerakannya. Aku pun mengikuti sarannya sembari harap-harap cemas. Kalau virusnya di-block semua, apa driver masih bisa di-install? Untungnya bisa.

Kemudian aku cek computer. Astaga... Masa aktif Windows tinggal 28 hari. Maka, aku harus memasukkan product key untuk aktivasi. Jadi, aku cari product key Windows xxxx di belantara Google lalu kucoba satu per satu dan gagal, gagal, gagal, gagal, gagal, gagal, dan seterusnya gagal sampai tak terhitung banyaknya.

Beberapa jam kemudian barulah terlintas di pikiranku untuk bertanya kepada Om Google: "cara menemukan product key Windows". Glodak. Ternyata product key Windows tersembunyi di bagian bawah laptop. Ealah, ternyata yang keyboard cari-cari nun jauh di atas sini, justru berada tepat di bawah keyboard. Ah, andai saja dia bisa ngomong. Sebel dech :( aku baru tahu sekarang tapi ya senang juga karena akhirnya bisa menemukan... hehehe. Inilah akibatnya kalau tidak mau melihat yang di bawah dan fokusnya di atas terus. Namun, seandainya beli Windows secara terpisah, infonya menyatakan bahwa product key dikirim via email.

Hore... sukses nich setelah gagal berkali-kali. Selanjutnya, install kembali semua program yang dibutuhkan seperti biasanya. Siiipp. Sebenarnya sich aku tidak gagal karena aku telah berhasil menemukan 1001 cara yang tidak tepat... wkwwk... Kini, tambah satu ilmuku... Hahaha... Sekarang aku bisa install Windows sendiri dan bukan hanya install program sendiri. Hohoho... senangnya hati ini... turun panas demamku. Rasanya seperti baru memenangkan sebuah kejuaraan. Hehehe... Ternyata aku bisa melakukannya sekalipun aku bukan lulusan teknologi informasi. What you think, what you get...^_^

TUHAN SANGGUP (JPCC Worship)
* Tuhan sanggup, tak pernah gagal. Dia Tuhan perkasa. Jauh melebihi s'gala yang kupinta, Dia t'lah kerjakan. Reff
** Tuhan ada di pihak kita. Dia buka jalan. Jauh melebihi s'gala yang kuharap, Dia t'lah kerjakan. Reff
*** Bersama-Nya Dia ‘kan menjaga. Tak ‘kan meninggalkan. Tak ‘kan meninggalkan. Dan tangan-Nya ‘kan t’rus menjaga. Tak ‘kan pernah gagal. Tak ‘kan pernah gagal. Reff
Reff: Dan bangkit mengalahkan maut. Kau hidup, Tuhan Kau sanggup. Dalam-Mu ada kuasa. S'lamanya Tuhan Kau sanggup.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.