Saturday, January 28, 2017

Gali Laga (GAgal LagI) (LAgi GAgal)

Lho... tombol wifi dan tombol bluetooth kok tak berfungsi? Usut punya usut drivernya tidak ditemukan. Lho kemana mereka pergi? Oh iya, laptop miniku sempat mengalami kerusakan sewaktu dipinjam meme lalu temannya berbaik hati membetulkan laptop tersebut dengan cara meng-install ulang. Kemungkinan besar ada driver yang tidak ikut ter-install kembali karena kulihat beberapa programku juga raib bak ditelan bumi.

Oke dech, saatnya mencari driver bluetooth dan wifi di situs resminya. Siiipp...kelihatannya ini cocok. Maka, driver segera ku-download dan ku-install lalu disarankan untuk restart. Setelah restart kondisi kesehatan laptop mini justru semakin merosot. Bayangkan saja, sekarang tidak bisa akses internet lewat kabel mifi dan tidak bisa membuka browser kesayanganku. Uwaaahh... Jangan-jangan driver baruku membawa virus.

Tenang... Tenang... Biasanya hal ini bisa diatasi dengan system restore. Jadi, mari kita datangi restore point terdekat. Klik... Klik... Klik... loading... loading... loading... Tit... Muncullah layar gelap dengan beberapa tulisan putih di atasnya.
Windows Error
Oh, ini sich mudah. Biasanya tinggal pilih jalankan secara normal (pilihan ke-2) dan dunia laptop akan kembali normal. Eh, gagal. Wah, karena hanya ada 2 pilihan, kalau pilihan ke-2 gagal, langsung ambil saja pilihan pertama. Jeder... Bagaikan tersambar petir saat melihat layar gelap tak jua memancarkan terang.
Windows Gagal Booting
Piye iki? Kok malah diminta masukkan disc? Apa pihak manufakturnya lupa kalau laptop mini ini tidak punya CD ROM? Aduh!! Kenapa begini, kenapa begitu? Aku ingin tahu semua ini itu. Jreng Jreng... Jreng Jreng... Saatnya menjelajah rimba Google dengan gadget lain.
Matius 7:7-8 "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.
Tada... Banyak petunjuk segera bermunculan. Oke, saatnya praktek. Tekan tombol F8 sebelum logo laptop nongol.
Setting F8
Siipp... Selanjutnya, coba pilih Safe Mode dan jangan pilih Safe Mode dengan embel-embel (with prompt atau lainnya) kecuali paham bahasa komputer. Oke... Klik safe mode dan gagal booting lagi, saudara-saudara. Hadew... Coba F8 lagi dan pilih yang ada kata good configuration. Gagal lagi.

F8 lagi dan pilih yang ada 640x480. Gagal lagi. Ayo masih banyak pilihan. F8 lagi dan pilih lagi yang lainnya. Ini kuulang terus sampai hanya menyisakan 2 pilihan Safe Mode dengan embel-embel. Namun, laptop mini tetap gagal booting.

Selanjutnya, coba masuk BIOS dengan tekan F2 lalu lihat tab Boot. Ooh... Di sini sudah ada 2 media booting, yaitu hardisk dan network. Hardisk sebagai media booting pertama sudah gagal. Sekarang giliran si nomer 2 mengambil ahli tugas booting. Huffft... Gagal juga. Udah dech... Cukup sampai di sini. Ntar kupanggil tukang servis laptop saja. zzzzzzzzz.....

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.