Sunday, October 30, 2016

Andalkan Tuhan Saja

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 30 Oktober 2016

PsJusuf Soetanto: "Jangan bunuh diri karena membunuh itu dosa. .... Jangan pula berharap kepada manusia. Ada sepasang suami isteri yang tidak mempunyai anak lalu dia membesarkan seorang anak angkat dan berharap bahwa anak yang dikasihinya tersebut dapat menjamin hari tua mereka. Namun, anak tersebut malah meninggal dalam suatu kecelakaan. Berharaplah hanya kepada Tuhan. Tuhan pasti punya cara untuk membantumu. Dia akan mempertemukanmu dengan orang yang tidak kamu sangka-sangka."

Betul... betul... betul... Aku pun sudah membuktikan sendiri bahwa mengandalkan manusia selalu berakhir dengan kekecewaan, terutama di lembah kekelaman karena kemampuan manusia terbatas adanya. Misalnya:
* Ketika aku kesakitan di meja operasi, hanya Tuhan yang bisa menguatkan pula karena dokter ataupun perawat tidak bisa memberikan obat bius yang sesuai dengan tubuhku.

Oleh sebab itu, jangan pernah mengharuskan seseorang menikah agar ada teman di hari tua. Itu alasan paling lemah yang pernah kutemukan. Aku telah melihat orang-orang tua yang hidup sendirian di masa tuanya sekalipun dia memiliki banyak anak dan cucu. Kadang kala hal itu terjadi karena orang tua dianggap cerewet dan suka mengatur. Namun, ada kalanya hal itu terjadi karena orang tua tersebut tidak mau direpotkan oleh cucu atau cicitnya yang masih imut-imut dengan tingkah pola yang amit-amit.

Bahkan, ada pula orang tua yang ditinggalkan di panti jompo. Selain itu, tak sedikit pula anak-anak yang mengeluh atau menggerutu karena harus merawat sendirian orang tuanya yang sakit tua atau lumpuh atau stroke. Biasanya mereka mengeluh karena saudara-saudara mereka yang lain tidak mau turut bergantian merawat orang tua mereka. Dengan kata lain, jika sudah ada bawang putih yang berbaik hati merawat orang tua, mengapa bawang merah harus ikut repot?

Namun, ada kalanya seorang anak bersedia merawat orang tuanya tetapi pasangan hidupnya keberatan. Maka, untuk menghindari perselisihan dalam rumah tangga, tak sedikit pula yang mengabaikan orang tua. Di sisi lain, ada yang memilih bercerai dengan pasangannya atau tetap melajang agar dapat merawat orang tua.

Percaya Tanpa Melihat
Maka dari itu, jangan terlalu mengandalkan manusia. Andalkan Tuhan saja karena kita tidak pernah mengetahui batas usia orang lain. Kita pun tidak mengetahui masalah apa yang akan terjadi esok. Kita pun tidak mengetahui batas kekuatan orang-orang yang kita andalkan. Siapakah yang akan bertahan di sisi kita ketika badai menerpa? Hanya Tuhan yang sanggup.

Yang S'LALU KUANDALKAN (Edward Chen)

Di setiap persoalan Kau turut bekerja
Mendatangkan kebaikan bagi hidupku.
Di setiap pergumulan Kau t'lah merancangkan
Hari depan yang Sejah’tra dan penuh harapan.

Kau yang s'lalu kuandalkan, yang s'lalu kunantikan
Pertolongan-Mu 'kan nyata bagiku.
Hanya Kau yang s'lalu kuandalkan, yang s'lalu kunantikan.
Selama kumenyembah mujizat pasti terjadi.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.