Sunday, August 21, 2016

Arsip: Revolusi Mental ala Jokowi Sudah Sejauh Mana yach... ?

Membuka Arsip Revolusi Mental
Catatan Ibadah ke-3 Minggu 21 Agustus 2016

Revolusi Mental ala Jokowi adalah transformasi etos, yaitu perubahan mendasar dalam mentalitas, cara berpikir, cara merasa dan cara mempercayai, yang semuanya menjelma dalam perilaku dan tindakan sehari-hari. (www.jokowi.id/opini/mengartikan-revolusi-mental)

Revolusi Mental ala Jokowi
Lalu apa sajakah bentuk dukunganku dalam revolusi mental ini?
Apa kubisa membuat perubahan besar?
Kalau tidak, apakah aku telah melakukan perubahan kecil?

Mental apa saja yang ingin kuubah?
Perubahan mental apa saja yang telah kulakukan?
Apakah aku telah membayar pajak dengan benar? Apakah aku masih terbawa arus dunia ini?
Apa yang harus kulakukan untuk melawan arus deras yang akan menyeretku ke dalam segitiga bermuda?

Siapakah yang akan senantiasa menolongku?
Apa aku telah mempercayai Tuhan dengan sepenuh hatiku?
Apa aku telah mengandalkan Tuhan di dalam segala persoalan hidupku?
Apa pendapat dan keputusan Tuhan jauh lebih bernilai daripada pendapat dan keputusan manusia yang paling berkuasa di dalam hidupku?

Apa aku telah meluangkan waktuku untuk mengenal Tuhan lewat firman-Nya?
Apa aku telah menerima firman-Nya dan membiarkan-Nya bertahta di hatiku?
Apa aku telah berupaya menyenangkan Tuhan di setiap keadaan?

"Kita menginginkan perubahan untuk Indonesia, tapi terkadang kita lupa bahwa kitalah harapan perubahan Indonesia." (Joko Widodo)
Nah, kini saatnya berpikir dan bergerak untuk mewujudkan revolusi mental yang kita dambakan. Mungkin kita tidak bisa mengubah mental orang lain tetapi kita bisa mengubah mental diri kita. Kemudian biarkan orang lain melihat dan merasakan perubahan yang sedang terjadi hingga pada akhirnya mereka pun tergerak untuk merubah mental mereka.

Kata Bapa Surgawi kita: "Selamat Berjuang, Nak!"
"Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan Engkau dan aku sekali-kali tidak akan meninggalkan Engkau." (Ibrani 13:5)
Mau Bukti? Ini dia buktinya:
  • Saat si jago merah merenggut tempat tinggalku, Tuhan sediakan tempat tinggal baru secara cuma-cuma dan segera memulihkan tempat tinggal lama secara ajaib ...^.^ (Siraman Kasih Tuhan Menghadapi si Jago Merah)
  • Saat aku sakit dan tak bisa bekerja, aku masih punya tabungan yang cukup untuk menyambung hidup ...^.^
  • Saat saldo tabunganku telah mencapai angka NOL Rupiah dan aku bertanya-tanya pada-Nya: “Apa yang harus kulakukan?”, Dia menjawabku lewat acara ‘Before 30’ di Global TV (Keajaiban Acara 'Before 30). Lantas aku pun dimampukan untuk bekerja lagi sehingga hidupku tetap terpelihara ...^.^
JADI:
Karena Tuhan bukan PHP (Pemberi Harapan Palsu), fool enough to believe miracle dan mujizat pun terjadi tepat pada waktu-Nya.
"Jadi, janganlah kamu mempersoalkan apa yang akan kamu makan atau apa yang akan kamu minum dan janganlah cemas hatimu. Semua itu dicari bangsa-bangsa di dunia yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu tahu, bahwa kamu memang memerlukan semuanya itu.(Lukas 12:29-30)
Tetapi carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu. Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu." (Lukas 12:31-32)
"Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari." (Matius 6:34)
Lirik Lagu 'Ajariku Mengerti Hati-Mu'
(http://youtu.be/4xOVkof9R_Q)
Ajariku, Mengerti Hati-Mu, Memahami Pikiran-Mu.
Ajariku, Ikuti Rencana-Mu, Melakukan Kehendak-Mu.
Kuingin diriku menjadi pribadi yang Kau rindukan s'bab hanya Engkaulah menjadi tujuan hidupku ya Tuhan.
Melakukan kehendak-Mu. (2x)

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.