Sunday, June 26, 2016

Pintu yang Tertutup ~ Pdt.Samuel Duddy

Catatan Ibadah ke-2 Minggu 26 Juni 2016
Wahyu 3:7  Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.
Pintu Terbuka dan Tertutup
Banyak orang termasuk orang Kristen tidak bisa menerima ketika ada pintu yang tertutup. Seringkali mereka berpikir bahwa Tuhan selalu membuka pintu-pintu. Akibatnya mereka menjadi kecewa ketika pintu ditutup atau doa tidak dijawab. Bahkan, ada yang menjadi marah kepada Tuhan. Namun, firman Tuhan menyatakan bahwa Dia juga menutup pintu. Maka dari itu, bersyukurlah dalam segala keadaan. Ketika mendapat pekerjaan baru, bersyukurlah. Ketika di-PHK, bersyukurlah.
Yesaya 55:8-9  Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.
Tuhan Menutup Pintu atau Menolak Doa kita karena:
1. Tuhan mau beri berkat lebih besar daripada yang kita minta. Ada 2 orang wanita yang tidak memiliki keturunan selama 8 tahun dan 9 tahun lalu minta didoakan. Namun, pak Samuel malah meminta kedua wanita tersebut saling mendoakan. Setahun kemudian Tuhan pun memberikan 2 anak.

2. Tuhan mengetahui waktu yang tepat, seperti pada saat menjadikan Daud sebagai raja. Kita memang maha mau tetapi Tuhan Maha Tahu.
2 Samuel 5:2  Telah lama, ketika Saul memerintah atas kami, engkaulah yang memimpin segala gerakan orang Israel. Dan TUHAN telah berfirman kepadamu: Engkaulah yang harus menggembalakan umat-Ku Israel, dan engkaulah yang menjadi raja atas Israel.
3. Kita bersikukuh berada di jalan yang salah. Contoh: Yunus ingin kabur dari panggilan Tuhan sehingga Tuhan menutup jalannya.

4. Tuhan lebih tertarik membangun karakter kita daripada menyelesaikan masalah kita. Contoh: Yusuf diproses Tuhan terlebih dahulu sebelum dia menjadi tangan kanan Firaun. (Kejadian 37: Yusuf dijual saudara-saudaranya, Kejadian 39: Yusuf difitnah dan dipenjarakan, Kejadian 40: Yusuf dilupakan juru minuman)

5. Tuhan sedang melatih kita untuk diam dan bersabar. Contoh: Maria yang mau duduk diam mendengarkan Tuhan. (Lukas 10:38-42)

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.