Monday, May 23, 2016

Hidup yang Berkualitas ~ Pdt.Leonardo Sjiamsuri

Catatan Ibadah ke-4 Minggu 22 Mei 2016

Tadi ibadah ke-2 banyak dihadiri oleh jelita (jelang lima puluh tahun) dan ada pula yang sudah lolita (lolos lima puluh tahun). Salah satu ciri lolita adalah mereka suka bermain tebak umur ketika ditanya umurnya.

Suatu kali pak Leo bertemu seorang lolita lalu dia diminta menebak umurnya. Pak Leo menebak umurnya 73 tahun lalu orang itu berterima kasih kepadanya karena ternyata umurnya 83 tahun. Begitulah lolita. Bila kita menebak umurnya dengan benar, mereka akan berterima kasih tetapi bila kita salah menebaknya, mereka akan marah. Lantas pak Leo bertanya: "apa rahasianya kok bisa terlihat 10 tahun lebih muda?" Jawabnya: "happy... happy aja..."
Kata Dalai Lama: "Manusia itu sulit dimengerti karena mengorbankan kesehatannya demi mendapatkan uang lalu menghabiskan uangnya untuk memperbaiki kesehatan. Manusia juga sulit dimengerti karena terlalu mengkhawatirkan masa depan sehingga tidak bisa menikmati masa kini."
Banyak orang ingin berhasil. Keberhasilan tidak ditentukan oleh uang. Jika uang merupakan tanda kehidupan yang berhasil, tentulah tak ada orang kaya yang mati karena obat-obatan terlarang atau bunuh diri. Ada orang yang bosan hidup sehingga ingin cepat-cepat ke Surga padahal Yesus mau datang ke bumi untuk kedua kalinya. Buat apa cepat-cepat ke Surga kalau Yesus mau datang ke bumi? Hehehe... bisa sisipan di jalan nanti.

Bersama-Mu Tuhan
Ada pula yang menjalani hidupnya dengan mengeluh, mengomel, menarik nafas panjang, berlarut-larut dalam kesedihan, dan hidup dalam kepahitan atau penyesalan. Untuk apa hidup seperti itu? Nikmatilah hidupmu karena orang yang tidak bisa menikmati hidup cenderung berwajah boros. Ada orang yang memutuskan berhenti dari pekerjaannya karena ingin memiliki keturunan. Dokter mengatakan bahwa dia stres sehingga harus istirahat agar dapat memiliki keturunan. Ini tindakan yang tepat. Untuk apa memiliki banyak uang atau seisi dunia bila tidak memiliki keturunan?

Agar dapat menikmati hidup yang berhasil, berjalanlah bersama Tuhan setiap hari. Masalah atau tantangan akan selalu ada tetapi reaksimu terhadap masalah atau tantangan yang akan menentukan keberhasilan hidupmu. Belajarlah dari Yusuf. Meskipun dia mendapat masalah, dia bisa berhasil.
Kejadian 39:2  Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.
BERSAMA-MU. Engkau ada bersamaku Di s'tiap musim hidupku. Tak pernah Kau biarkan kusendiri. Kekuatan di jiwaku adalah bersama-Mu. Tak pernah kuragukan kasih-Mu. Bersama-Mu Bapa Kulewati semua. Perkenanan-Mu yang teguhkan hatiku. Engkau yang bertindak memb'ri pertolongan. Anugerah-Mu besar melimpah bagiku.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.