Sunday, February 14, 2016

Firman Tuhan: ke Sungai Kerit ~ Ps.Philip Mantofa

Catatan Ibadah ke-2 Minggu, 14 Februari 2016 (https://youtu.be/pBkzjIakMjM)
Elia di Tepi Sungai Kerit. 1 Raja-raja 17:1 Lalu berkatalah Elia, orang Tisbe, dari Tisbe-Gilead, kepada Ahab: "Demi Tuhan yang hidup, Allah Israel, yang kulayani, sesungguhnya tidak akan ada embun atau hujan pada tahun-tahun ini, kecuali kalau kukatakan."
Firman pertama yang Tuhan berikan kepada Elia adalah mendatangi Ahab. Ahab merupakan seorang raja yang suka membunuh nabi-nabi Tuhan. Memang firman Tuhan terkadang sulit dilakukan tetapi bukan tidak mungkin dilakukan. Kita hanya perlu taat kepada-Nya. Contoh: Ketika terlilit hutang, Tuhan meminta kita bersyukur. Apakah bersyukur dapat melunasi hutang? Tidak, tetapi bersyukur akan membenahi hati kita dan selanjutnya hati kita akan menuntun kita menemukan solusi untuk melunasi hutang.
1 Raja-raja 17:2 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadanya:
Firman Tuhan itu bermata dua. Jika kita membaca Alkitab setiap hari, kita pasti dapatkan rhema setiap hari. Mata pertamanya untuk mengoreksi hati kita. Ini seperti makanan yang diberikan secukupnya setiap hari. Makanan kita bukan hanya roti tetapi juga firman Tuhan.
Matius 6:11  Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
Matius 4:4  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."
Alkitab Penunjuk Arah Hidup
Tuhan akan menuntun kita setiap hari lewat firman-Nya jika kita bersaat teduh setiap hari. Mata keduanya berupa petunjuk yang besar untuk menjalani kehidupan kita. Namun, Tuhan akan berfirman setahap demi setahap. Jika kita tidak melakukan firman pertamanya, Tuhan tidak akan berfirman lagi. Tuhan akan menunggu kita lakukan firman pertama dulu. Contoh: Tuhan meminta kita dibaptis tetapi kita malah bertanya: "Bagaimana setelah baptis?" Nah, Tuhan akan diam saja. Tuhan mau kita baptis dulu. Firman pertama harus dilakukan dulu. Barulah nanti Tuhan akan berikan firman selanjutnya.
1 Raja-raja 17:3-4 "Pergilah dari sini, berjalanlah ke timur dan bersembunyilah di tepi sungai Kerit di sebelah timur sungai Yordan. Engkau dapat minum dari sungai itu, dan burung-burung gagak telah Kuperintahkan untuk memberi makan engkau di sana."
Seringkali firman pertama, kedua, ketiga, dst tidak saling berkaitan. Setelah Elia melakukan firman pertama untuk menyampaikan pesan kepada Ahab, Tuhan memberikan firman kedua untuk ke sungai Kerit. Apa kamu sudah merit (married)? Hehehe... apa hubungannya?
1 Raja-raja 17:5-6 Lalu ia pergi dan ia melakukan seperti firman TUHAN; ia pergi dan diam di tepi sungai Kerit di sebelah timur sungai Yordan. Pada waktu pagi dan petang burung-burung gagak membawa roti dan daging kepadanya, dan ia minum dari sungai itu.
Karena Elia menuruti firman Tuhan, hidupnya dipelihara. Beberapa pendeta tampil luar biasa karena mereka hidup di 'sungai Kerit' atau tempat yang sudah Tuhan tentukan bagi mereka. Jika mereka hidup di luar 'sungai Kerit' atau tempat pilihan mereka sendiri, mereka tidak akan luar biasa. 

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.