Sunday, February 14, 2016

Mencari Penolong yang Sepadan

Pasangan PropheticUntuk mendapatkan pasangan hidup, syarat utamanya adalah kita harus sudah siap untuk menikah dan sudah dewasa. Maka, jika belum siap menikah, sebaiknya jangan mencari pacar. Kesiapan dan kedewasaan kita tidak dientukan oleh usia semata karena seringkali kedewasaan roh dan karakter jauh lebih menentukan.

Syarat keduanya adalah jangan memilih berdasarkan selera kedagingan tetapi pilihlah sesuai nilai-nilai kekal yang Bapa Surgawi nyatakan. Apa saja kriterianya? Baca sendiri lha kalau penasaran... hehehe...

Syarat terakhirnya adalah lakukan proses peneguhan sebelum menyatakan cinta. Jangan hanya menikahi seseorang yang ada di dalam gereja tetapi pastikanlah karakter Kristus sudah nyata dalam kesehariannya.

Di dalam Alkitab ada beberapa contoh yang bisa kita pelajari dalam memilih pasangan. Temukan sisi positif dan negatif dari cara-cara mereka menemukan pasangan hidup. Mana yang paling tepat untuk kita:
  • 'perjodohan ilahi' seperti Adam dan Hawa,
  • perjodohan seperti Ishak dan Ribka serta syarat-syarat yang harus dimiliki oleh Eliezer,
  • memilih dan menetapkan pasangan sendiri seperti Yakub dan Rahel, atau
  • pertemuan secara alami seperti Rut dan Boas?
Jadikan destiny ilahi sebagai penentu atas setiap keputusan besar yang akan kita ambil. Jangan berpasangan dengan orang yang tidak seiman karena tanpa kesamaan iman perahu pernikahan dapat kandas. Jangan berpasangan dengan orang yang tidak seimbang dalam kapasitas dan dimensi Roh karena dapat menghambat perluasan Kerajaan Allah. Jangan berpasangan dengan orang yang tidak disetujui tetapi belajarlah untuk terus membuka diri terhadap input orang-orang saleh lainnya.

Nah, langkah-langkah praktisnya silahkan baca sendiri biar semakin jelas.

Pasangan Profetis

(Sumber: Buku 'Pasangan Prophetic' ~ Ps.Steven Agustinus)

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.