Sunday, November 8, 2015

Hidup dalam 7 Berkat Tuhan (5-7) ~ Pdt.Juan Mogi

Hidup dalam 7 Berkat Tuhan (1-4)
Catatan Ibadah ke-2 Minggu, 8 November 2015

5. Hikmat dalam Mengambil Keputusan.
Hikmat adalah petunjuk atau wahyu dari Tuhan pada waktu yang tepat di tempat yang tepat. Hikmat ada 4, antara lain hikmat diri sendiri, hikmat dunia, hikmat setan, dan hikmat Tuhan. Hikmat Tuhan-lah yang kita cari.

Ada seorang karyawan yang telah sukses dengan memiliki jabatan dan gaji yang memuaskan tetapi dia ingin berbisnis sendiri karena ada yang berkata kepadanya: "biarpun hasil sedikit, yang penting jadi bos." Tiga kali dia berbisnis dan gagal. Lalu pdt.Juan Mogi memintanya menggunakan hikmat Tuhan: "Dimanapun kita ditempatkan, jadilah yang terbaik. Meskipun kita berada di posisi nomer dua, jadilah yang terbaik." Lantas dia kembali menjadi karyawan dan kembali mendapatkan penghasilan yang baik.

6. Kemajuan dan Keberhasilan dalam Segala Sesuatu yang Kita Kerjakan.
Matius 25:21  Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.
Tuhan telah Melakukan Perkara Besar
Ada seorang penjual krupuk yang awalnya hanya menjual satu jenis krupuk. Lalu dia mendapatkan hikmat Tuhan untuk membuat dunia krupuk (the world of crackers). Dia pun mulai menjual krupuk Bangka, krupuk Bali, krupuk udang, krupuk kuku macan, krupuk upil, dsb. Hal ini disukai oleh banyak orang sehingga usahanya semakin berkembang.

Lalu Tuhan memberinya hikmat untuk franchise atau waralaba sehingga kota-kota lain atau orang lain dapat ikut menjual krupuknya. Usahanya pun semakin berkembang sehingga ada pula pesanan krupuk dari luar negeri. Jadi, jika kita setia dalam perkara kecil, Tuhan akan tambah-tambahkan.
Kolose 3:24  Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.
Di sisi lain, bila karyawan ingin gaji meningkat, minta saja kepada Tuhan. Tuhan mengetahui segala sesuatu yang kita kerjakan. Jadi, bekerjalah dengan sebaik-baiknya. Kalau kita setia dalam perkara kecil, Dia pun akan tambah-tambahkan. Tuhan mampu mempengaruhi hati atasan untuk memberikan kenaikan gaji kepada setiap karyawan sesuai dengan jerih payahnya.

7. Perubahan dalam Karakter. Siapa yang telah memiliki sifat malaikat sejak lahir? Tentulah tidak ada karena pada dasarnya kita ini egois. Siapa yang tidak pernah berbohong? Siapa yang mengajari kita berbohong? Tentulah setiap orang pernah berbohong meskipun tidak diajari karena pada dasarnya dosa telah membuat kita mampu melakukannya. Siapa yang bisa mengubah orang? Siapa yang bisa mengubah suami atau isterinya? Tak seorang pun dapat mengubah orang. Hanya Yesus yang mampu mengubah orang.

Tuhan sangat ingin membentuk karakter kita agar semakin serupa dengan Kristus. Bahkan, pada saat ini banyak pengusaha lebih memilih orang yang berkarakter baik daripada orang yang pandai. Ketika memilih menantu, mana yang akan Anda pilih: pilih pria yang ganteng tetapi playboy atau pria kaya tetapi pelit? Pastikan Anda memilih sesuai hikmat Tuhan.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.