Sunday, August 9, 2015

Don't Forget to Remember ~ ps.Caleb Natanielliem

5 Hal yang Sulit Dilupakan
Catatan ibadah ke-3 Minggu, 9 Agustus 2015
Mazmur 103:1-2 Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!
Batin dan jiwa kita ada di otak (pikiran) yang merupakan tempat menyimpan nilai-nilai kehidupan. Pikiran kita cenderung dipengaruhi oleh sumber dari luar berupa kata negatif. Kata negatif dapat berupa tuduhan, sindiran, dan ejekan. Kata negatif ini merupakan salah satu tipu daya iblis untuk membuat kita berbuat dosa.  Kita semua pasti pernah dipakai iblis untuk mengucapkan kata negatif tersebut. Selanjutnya, kata negatif akan diterima oleh pikiran kita dan mempengaruhi perilaku kita.

Don't Forget to Remember

Siklus Perbudakan:

Jika kata negatif yang diterima dianggap sesuai dengan nilai yang ada di pikiran, kita cenderung bersikap negatif.  Contoh: Ada seorang anak selalu dikatakan ‘bodoh’ sehingga dia pun berpikir bahwa dirinya memang bodoh. Hal ini membuatnya semakin malas belajar. Pikirnya: "percuma belajar... aku tetap tidak akan bisa Matematika karena aku memang bodoh."

Siklus Burnout:

Bila kita menerima kata negatif dan kita anggap hal itu tidak sesuai dengan nilai yang tertanam di pikiran, kita akan berusaha keras untuk berperilaku positif. Namun, saat kita naik level (menepis pikiran negatif), iblis pun menggunakan tipu daya lain untuk menjatuhkan kita. Contoh:
Seorang full timer gereja berusaha menangkal pikiran negatif dengan melakukan hal positif sehingga dia mendapat pujian. Namun, dia melakukannya dengan kekuatan sendiri sehingga dia merasa lelah karena rasanya hal ini bukanlah sifatnya. Lantas suatu ketika dia berkata: "Saya menyerah... saya tidak kuat dengan beban pelayanan ini. Saya tidak bisa terus menerus bersikap rohani."

Berdiam dalam Hadirat Tuhan:

Namun, jika kita berdiam dalam hadirat Tuhan, kita dapat terbebas dari 'siklus perbudakan' dan 'siklus burnout' sehingga kita mampu bertindak sesuai dengan firman Tuhan. Contoh: Ketika pikiran kita menerima kata negatif, kita juga mendapatkan sumber baru dari khotbah pendeta atau dari Alkitab sehingga kita pun memutuskan untuk bertindak sesuai kehendak Tuhan.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.