Monday, June 8, 2015

Khotbah di Bukit bagian ke-2 ~ Jose Carol

Catatan Ibadah ke-4 Minggu, 7 Juni 2015

YESUS dan HUKUM TAURAT (Matius 5:17-48)
>> Bukan hanya pembunuh yang layak dihukum, orang yang menyimpan kebencian juga patut dihukum.
Matius 5:21-22  Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.
>> Bukan hanya orang berzinah yang berdosa, orang yang menginginkan milik orang lain juga telah berdosa.
Matius 5:27-28  Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.
>> Yesus menghendaki kita untuk saling mengasihi: tidak membenci sesama, tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, mau mengampuni, mendoakan, dan mengasihi musuh-musuh kita.
Matius 5:38-39  Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
PERIHAL IBADAH (Matius 6:1-18)
Matius 6:1 Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga.
>> Bila kita memberi sedekah atau membantu orang lain, jangan ditujukan untuk mendapat pujian. Bila kita berdoa dan berpuasa, jangan hanya ditujukan agar dilihat orang. Lakukan semuanya dengan hati yang tulus dan jujur.

PERIHAL HARTA
Kita boleh mencari harta dan menjadi kaya seperti Abraham yang kaya di bumi dan di Surga. Namun, harta tersebut jangan disimpan di dunia, simpanlah di Surga agar kita selalu berfokus ke Surga.
Matius 6:21  Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.
>> Bila isteri ingin memperoleh uang dari suami, jangan mengambil dompetnya tetapi ambillah hatinya. Bila isteri berhasil mendapatkan hatinya, uangnya juga pasti akan didapatkan. Jangan sampai ada orang lain atau pihak ketiga yang lebih berhasil mengambil hatinya.
Amsal 4:23  Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
>> Untuk menjaga hati, waspadalah terhadap segala sesuatu yang kamu dengar dan kamu lihat.
Matius 6:22-23  Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.
>> Berhentilah melihat rumput tetangga yang terlihat lebih hijau. Jangan terus menerus mendengar dan melihat orang lain yang gajinya lebih tinggi, posisinya lebih tinggi, atau hartanya lebih banyak karena hal tersebut dapat menyeretmu ke dalam jerat kejahatan.

Jalan Kebenaran
MEMPERTAHANKAN KEBENARAN
Matius 7:13-14  Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya.
>> Memang terasa jauh lebih nyaman melewati jalan lebar daripada jalan sempit tetapi justru jalan sempitlah yang menuju kepada kehidupan. Tuhan tidak menjanjikan perjalanan hidup yang mudah tetapi Dia berjanji senantiasa menyertai kita.
Matius 28:20b ... Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.
Perhatikan pondasi hidupmu agar hujan berkat tidak sampai membuatmu kebanjiran hingga hanyut terbawa arus dunia. Tetaplah taat melakukan kehendak Tuhan. (Matius 7:24-27)

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.