Sunday, February 22, 2015

Hidup Tak Tergoncangkan

Hasil Tangkapan Khotbah pendeta Leonardo Sjiamsuri (ibadah ke-4 Minggu, 22 Februari 2015)
Ibrani 12:26-28

Waktu itu suara-Nya menggoncangkan bumi, tetapi sekarang Ia memberikan janji: "Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga."

Ungkapan "Satu kali lagi" menunjuk kepada perubahan pada apa yang dapat digoncangkan, karena ia dijadikan supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan. Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.

Alasan Tuhan Membuat Kegoncangan:

1. Menguji Dasar atau Pondasi Hidup Kita: pada Tuhan atau bukan.
1 Korintus 3:10-11

Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya. Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.
Hidup Tak Tergoncangkan
2. Memisahkan yang Benar (punya iman sejati) dan Tidak, seperti memisahkan lalang dari gandum.
1 Korintus 3:12-15 Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.
Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.
3. Menerima Kekayaan Bangsa-bangsa. Contoh: saat tsunami Aceh banyak bantuan dari bangsa-bangsa lain.
Hagai 2:8 Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman TUHAN semesta alam.
1 Petrus 4:17  Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?
Mazmur 18:6-7 Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada TUHAN, kepada Allahku aku berteriak minta tolong. Ia mendengar suaraku dari bait-Nya, teriakku minta tolong kepada-Nya sampai ke telinga-Nya.

Cara Memiliki Hidup Tak Tergoncangkan:

1. Berjalan dengan Iman dan bukan dari apa yang terlihat karena yang tak terlihat jauh lebih dahsyat daripada yang terlihat. Contoh: kita tidak bisa melihat oksigen tetapi kita akan mati bila oksigen menghilang.
Ibrani 11:1  Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
2. Aktivasi Benih Firman atau Roh Kudus yang ada di dalam hati kita. Setan tidak takut kepada orang Kristen tetapi dia takut dengan kuasa Roh yang ada di dalam diri kita.
1 Yohanes 4:4  Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.
Efesus 3:20  Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,
Lagu 'KAU ALLAH yang BESAR' ~ Welyar Kauntu
(http://youtu.be/lM7negNpe08)
Kau Allah yang besar, ajaib dan mulia
Kau Yesus yang s'lalu membuatku terpesona
S'gala pujian bagi-Mu ya Tuhan
Hanya Kau yang layak kuagungkan

Catatan pra-khotbah: goncangan antara mimpi dan realita

Sebelum khotbah dimulai aku terkejut pada saat melihat tayangan video 'Rededikasi BDI Immanuel'.
OMG... tempat itu 'kan pernah kulihat di dalam mimpiku beberapa tahun lalu (sebelum masuk GMS).

Suasananya, cuacanya, anak tangganya, dan keramaiannya tepat sama seperti di dalam mimpiku.
Kok bisa yach???? Kenapa itu bisa terjadi? Siapa yang merekam mimpiku?

Wuih... yang tak terlihat emang lebih dahsyat daripada yang terlihat.
Tapi, apa maksud mimpi itu? Kenapa di dalam mimpiku aku pernah berada di sana? Di sana aku ngapain ya? Siapa yang mau kuajak ke sana?

Dulu saat bangun dari mimpi kupikir aku berada di sebuah stadion tanpa rumput. Namun, hari ini tempat itu malah kulihat di video 'Rededikasi BDI Immanuel'.
Aduh, apa sich maksud mimpi itu? Kok bisa ditayangkan ulang di dunia nyata (di GMS)? Apa aku harus ke sana? Daftar PUSH 5 sendirian? Ya. Tidak. Ya. Tidak. Ya. Tidak. Ya. Tidak. Ya. Tidak. Ya. Tidak. Aaaaah... pusing dech...

Pray Until Something Happens
Tapi, PUSH 5 'kan belum tentu berkaitan dengan tempat beranak tangga itu.
Ke sana atau tidak ya? Mmmm... mmmm... mmmm... ?????? Ah, mungkin hanya kebetulan sama dengan mimpiku. Mungkin saja masih ada tempat lain yang juga mirip dengan itu. Mungkinkah??? (antara bimbang dan ragu di antara mimpi dan realita)
Lanjut: Daftar PUSH 5

2 comments:

  1. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku. ~ Lukas 14:27, 33 ~

    AKU DENGAR BISIKAN SUARA-MU
    Aku dengar bisikan suara-Mu Menggema lembut di dalam batinku. Sungguh engkau sahabat-Ku Jikalau engkau menaati perintah-Ku.

    Reff:
    Pergilah dan sebarkanlah Kabar sukacita-Ku
    Sampai akhir zaman Aku sertamu

    Bukanlah engkau yang memilih-Ku, Melainkan Aku yang memilihmu. Kini Aku serahkan tugas supaya engkau menghasilkan buah limpah... Reff

    Jangan bimbang dan ragu hatimu, Yakinlah Aku hadir di sampingmu. Wartakan ke s'luruh dunia Aku datang membawa makna kehidupan... Reff

    (http://youtu.be/GxPnyGc9yxg)

    ReplyDelete
  2. Lagu ‘I have Decided to Follow Jesus’

    I have decided to follow Jesus; I have decided to follow Jesus; I have decided to follow Jesus; No turning back, no turning back.

    Though I may wonder, I still will follow; Though I may wonder, I still will follow; Though I may wonder, I still will follow; No turning back, no turning back.

    The world behind me, the cross before me; The world behind me, the cross before me; The world behind me, the cross before me; No turning back, no turning back.

    Though none go with me, still I will follow; Though none go with me, still I will follow; Though none go with me, still I will follow; No turning back, no turning back.

    Will you decide now to follow Jesus? Will you decide now to follow Jesus? Will you decide now to follow Jesus? No turning back, no turning back.

    (http://youtu.be/S8jvfdDtoqY)


    Terjemahan:
    Aku telah Memutuskan untuk Mengikut Yesus

    Aku telah Memutuskan untuk Mengikut Yesus; Aku telah Memutuskan untuk Mengikut Yesus; Aku telah Memutuskan untuk Mengikut Yesus; tidak ingkar, tidak ingkar.

    Meskipun aku mungkin bertanya-tanya, aku akan tetap mengikuti; Meskipun aku mungkin bertanya-tanya, aku akan tetap mengikuti; Meskipun aku mungkin bertanya-tanya, aku akan tetap mengikuti; tidak ingkar, tidak ingkar.

    Dunia di belakangku, salib di depanku; Dunia di belakangku, salib di depanku; Dunia di belakangku, salib di depanku; tidak ingkar, tidak ingkar.

    Tetap kuikut walau sendiri; Tetap kuikut walau sendiri; Tetap kuikut walau sendiri; tidak ingkar, tidak ingkar.

    Apakah sekarang kamu memutuskan untuk mengikut Yesus? Apakah sekarang kamu memutuskan untuk mengikut Yesus? Apakah sekarang kamu memutuskan untuk mengikut Yesus? Tidak ingkar, Tidak ingkar.

    ReplyDelete

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.