Sunday, December 13, 2020

I aM Pro ACT 2 ~ Ev. Gina Dharmawan

I aM Pro ACT 1
Catatan Ibadah Online Minggu 13 Desember 2020

MOMENTUM / Saat yang Tepat. Saat ini merupakan momentumnya karena saat ini banyak orang mengalami pandemic fatigue, dimana banyak orang sangat kelelahan. (extreme tiredness) Nah, ayat di bawah ini merupakan jawaban bagi orang-orang yang kelelahan.

Matius 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

~ START where you are, USE what you have, DO what you can. ~ Untuk mengilhami orang lain, mulailah dimanapun kamu ditempatkan, dengan menggunakan apa yang kamu miliki dan lakukan yang kamu bisa.

2 Korintus 8:12 Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu.

Kita hanya bisa memberi dari apa yang kita miliki. Maka, setiap kali mengutus orang Tuhan sering memulai dengan pertanyaan: "APA yang ADA PADAMU?" Tuhan selalu memulai dengan apa yang ada pada kita. Contoh: 
* Dalam Perkawinan di Kana (Yohanes 2:1-11) Yesus meminta tempayan kosong diisi air lalu Dia mengubah air itu menjadi anggur yang baik.
* Yesus memberi makan 5000 orang hanya dari 5 roti dan 2 ikan. (Matius 14:13-20) Manusia sering merasa insecured / tidak aman, sehingga berkata 'hanya'. Kita pun sering merasa kecil sehingga tidak memberi dampak padahal nyamuk yang kecil pun berdampak.
* Tuhan memakai Musa dengan tongkatnya. Tongkat itu bisa membelah Laut Merah. Tongkat itu juga bisa berubah menjadi ular dan kembali menjadi tongkat ketika Musa memegangnya.

Keluaran 4:2 TUHAN berfirman kepadanya: "Apakah yang di tanganmu itu?" Jawab Musa: "Tongkat."

Philippians 4:13 I can do all things through Christ which strengtheneth me.
Filipi 4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Tuhan memberi kita kekuatan untuk menanggung segala perkara. Ini termasuk masalah kesehatan, keuangan, pekerjaan, dan pandemi.

POWER / Kekuatan / Kuasa / Daya. Tuhan memberi kita kuasa untuk menjadi saksinya, mulai dari yang terdekat sampai yang jauh hingga ke ujung bumi.

Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Kata Power dalam bahasa Yunani adalah Dunamis, yang berarti kekuatan, kuasa, kemampuan untuk melakukan mujizat. Kekuatan ini Tuhan berikan lewat pencurahan Roh Kudus. Orang Kristen yang mengabaikan Roh Kudus adalah seperti Lampu yang tidak tercolok pada saklar listrik. (Dia hanya status KTP saja tanpa fungsi.)

Yesaya 40:29 Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Namun, orang yang bersandar pada kekuatan Roh Kudus akan senantiasa bersemangat untuk melakukan kebenaran.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.