Thursday, July 21, 2016

Bab 12: Mengerti Puasa

Bab 11: Kuasa Nama Yesus
Renungan Buku 'Doa untuk Intervensi Surgawi' ~ Dr.Myles Munroe
Bagian IV: Kuasa Doa
Bab 12: Mengerti Puasa


Puasa adalah keputusan yang dibuat secara sadar dan disengaja untuk tidak menikmati makanan dalam kurun waktu tertentu agar mendapatkan manfaat rohani. Berpuasa berarti mendahulukan Tuhan sehingga semakin mengerti kehendak-Nya, menerima kepenuhan Roh, dan mendapat terobosan dalam keadaan sukar. Berpuasa yang benar harus disertai komitmen kepada Tuhan dan disertai kasih kepada sesama.
Yesaya 58:9-10 Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan TUHAN akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia akan berkata: Ini Aku! Apabila engkau tidak lagi mengenakan kuk kepada sesamamu dan tidak lagi menunjuk-nunjuk orang dengan jari dan memfitnah, apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kauinginkan sendiri dan memuaskan hati orang yang tertindas maka terangmu akan terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari.
Puasa... puasa... puasa...
Ah, aku belum pernah puasa makanan dan masih sulit melakukannya. Kalau terlambat makan, bisa sakit maag atau badan terasa lemas karena hampir tiap pagi aku sengaja hanya sarapan sesendok madu dan segelas air putih. Aku pun tidak sering memakan camilan karena rasanya capek dech kalau sering memamah biak... hehehe... Siang dan malam aku pun selalu membiasakan diri berhenti makan sebelum kenyang dan sudah sering puasa keinginan karena keadaan atau demi mendahulukan orang lain. Hehehe... ini puasa atau diet rutin nan teratur?
Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."
Meskipun tidak berpuasa makanan, aku tetap membiasakan diri berdoa dan menikmati sajian firman Tuhan setiap hari sehingga dapat mengalami kuasa Roh-Nya untuk memenuhi kebutuhanku sendiri dan kebutuhan orang lain juga.

Namun, untuk mengubahkan hati yang keras, berdoa saja tidak cukup karena ada roh-roh jahat yang hanya dapat diusir dengan berdoa dan berpuasa.
Matius 17:19, 21 Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: "Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?" [Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.]"
Tapi... kenapa aku belum ada hasrat 'tuk berpuasa makanan? _._ Hmmm... tetap puasa keinginan saja dech karena esensi puasa kan menggantikan porsi makanan jasmani dengan makanan rohani...^.^

TUHAN INI TUGAS KAMI
(Ir.Niko Njotorahardjo)
Berikan pada kami hati yang mengasihi
Jiwa-jiwa yang belum mengenal kasih Bapa
Mereka yang dalam g`lap, mereka yang tersesat
Hati kami iba seperti hati-Mu Yesus
Reff :
Tuhan ini tugas kami
Beri keb`ranian bagi kami
Taruhlah roh yang rela melayani
Dan menyenangkan hati Tuhan itu yang kuingini

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.