Saturday, April 2, 2016

Mengalah untuk Menang

Aku memesan makanan di sebuah warung nasi lalu tiba-tiba menyadari bahwa ibu pemilik warung merupakan kaki tangan iblis. Aku pun hendak melarikan diri tetapi tiba-tiba mendengar firman: "... Roh yang ada di dalam kamu lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia." Tak lama berselang papa datang tetapi aku segera memegang tangannya dan mengajaknya pergi dari warung itu agar tidak diganggu iblis. Dia segera menyetujuinya.

Lalu aku tersadar bahwa itu hanya mimpi. "Aduh... aku harus memberanikan diri untuk mengatakannya sebelum ceng beng besok." Beberapa menit kemudian pada saat papa dan mama sedang bersantai, mama berkata: "besok biar Rully yang temani papa ceng beng." Lalu kulanjutkan: "ya... tapi aku tidak ikut berdoa dengan dupa dan membakar uang-uangan."

★ Itu tradisi... bukan agama. Ikut Kristen tambah bego. Tradisi yang benar tidak diikuti.
☆ Kita hanya boleh menyembah dan berdoa kepada Tuhan, tidak boleh berdoa kepada dewa-dewi, arwah, dan ciptaan Tuhan lainnya. Orang mati tidak tahu apa-apa. Pada akhir zaman baru dibangkitkan.
¤ Makanya aku tidak mau ikut agama karena selalu ada perbedaan.

★ Lalu buat apa Amerika meminta Cina mengajarkan Konghucu kepada warganya? Itu untuk mengajarkan nilai-nilai agar menghormati orang tua.
☆ Ya... menghormati tetapi bukan berdoa kepadanya.
¤ Katanya: ketika ke makam, tidak perlu berkata: "pa, saya datang".
☆ Karena orang mati tidak akan mendengar.

★ Itu bukan berdoa tetapi menghormati orang tua semasa hidupnya dan mengenang semua kebaikannya. Tanpa orang tua tidak akan ada kita. Kamu tahu manusia diciptakan dari apa?
¤ Katanya: dari tanah.
☆ Kalau Yesus, lahir dari Roh Kudus tanpa sperma.

★ Kamu lihat waktu Tuhan menciptakan? Mana ada wanita yang melahirkan tanpa pria? Apa ada buktinya? Aku mau lihat kalau ada wanita yang bisa melahirkan tanpa sperma. Orang zaman dulu tidak berpendidikan sehingga mudah dibohongi dan ceritanya diturunkan. Lalu untuk apa buat makam kalau tidak didatangi? Orang Kristen juga mengenang kematian Yesus yang mati di salib.
☆ Ya dibersihkan makamnya tetapi tidak berdoa di sana. Tabur bunga saja.

★ Apa bedanya tabur bunga dengan pakai dupa? Tujuannya sama-sama menghormati orang tua dan hanya caranya yang berbeda. Pakai dupa itu tradisi nenek moyang yang harus dipertahankan. Emang semua orang Kristen fanatik. Kata mereka: hanya boleh menyembah Tuhan Yesus. Padahal, pegang dupa itu bukan berdoa kepada orang mati tetapi cuma mengangguk-angguk 3x untuk menghormati orang tua. Kamu itu tidak mengerti. Buat apa menuruti kata-kata pendeta? Tambah bego.

☆ Itu tertulis di Alkitab. Hanya Tuhan Yesus yang boleh disembah, tidak boleh berdoa ke dewa bumi, dewa tanah, dan ciptaan Tuhan lainnya karena Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit. Dia hidup.
★ Siapa yang menulis Alkitab?
☆ Tuhan sendiri yang menyampaikannya lewat manusia.

★ Kamu lihat sendiri? Kamu tahu Tuhan itu rupanya seperti apa? Kamu lihat Yesus bangkit?
☆ Ada bukti bahwa kubur-Nya kosong.
★ Itu dicuri orang.

☆ Kubur-Nya ditutup batu besar dan sulit menggulingkan batunya sehingga tidak mungkin dicuri. Laut Merah pun terbelah karena kuasa Tuhan dan ada bukti bebatuan di dalamnya seperti yang tertulis di Alkitab.
★ Itu terjadi gempa bumi sehingga laut terbelah. Orang zaman dulu tidak paham gempa bumi.
☆ (mengelus dada) Memang tidak semua hal dapat dijelaskan dengan logika karena pikiran kita terbatas dan pikiran Tuhan jauh lebih besar daripada pikiran kita.

Kring... kring... kring... tiba-tiba meme bungsu di luar kota menelepon papa atas arahan Roh Kudus. Beberapa menit kemudian papa melanjutkan...
★ Kalau tidak mau sembahyang di makam, besok tidak usah ikut ceng beng.

Hmmm... terserahlah... setidaknya aku sudah berusaha mengatakannya tanpa emosi. Selanjutnya biar Tuhan sendiri yang beracara. Sebelum aku mengalami Tuhan Yesus aku pun mengajukan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Namun, kini semua jawaban atas pertanyaan tersebut tidak berarti lagi.

Filipi 3:8-9 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.


Ya... aku tidak bisa menyertainya setiap saat tetapi doaku akan mengiringi setiap langkahnya. Semoga dia dapat mengalami Tuhan Yesus sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.