Sunday, January 24, 2016

Ada Tuhan yang Selalu Mengawasi

Catatan Ibadah ke-2 Minggu, 24 Januari 2016

Alkisah di suatu tempat seorang wanita muda mengatakan bahwa dia mau mengajari Miss Smile agar pintar berkata-kata 'kotor' tetapi Miss Smile hanya tersenyum sambil menggelengkan kepala. Lantas temannya berkata: "Miss Smile itu tidak pinter-pinter karena kalau diajari tidak mau. Dia cuma bisa tersenyum. Bayarannya sama kok cuma tersenyum."

Di dalam hati Miss Smile hanya berkata: "Oh Tuhan, dengarlah perkataan mereka. Apa mereka tidak sadar bahwa Kau ada di sini? Apa mereka tidak mengetahui bahwa hal itu tidak boleh dilakukan?" Jawab hatinya: "jangan dengarkan perkataan mereka." Lalu pada malam harinya Miss Smile mendapatkan pencerahan dari Tuhan.
Efesus 4:19-20  Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran. Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus.
Efesus 4:29  Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.
Jangan Ada Perkataan KotorHehehe... langsung saja Efesus 4:29 dipasangnya sebagai DP BBM. Beberapa hari kemudian beberapa orang di tempat tersebut kembali melontarkan ‘lelucon-lelucon kotor’ seperti biasanya. Miss Smile selalu tidak suka mendengar hal-hal semacam itu dan tidak mau melibatkan diri dalam pembicaraan semacam itu.

Namun, Miss Smile tak mungkin menghindari mereka. Ada saatnya Miss Smile muncul di sekitar mereka karena suatu urusan yang harus dilakukannya tak jauh dari tempat mereka ngobrol. Nah, ketika dia lewat, seseorang langsung menyeletuk: "ada Miss Smile lho... ada orang suci." Dia pun hanya tersenyum menanggapi 'sebutan' itu. Lantas perlahan-lahan mereka segera mengakhiri lelucon mereka yang 'tidak pantas'. Oh, rupanya mereka memang tahu bahwa hal itu tidak boleh diucapkan tetapi mereka tetap saja melakukannya.

Beberapa kali hal itu terjadi padahal Miss Smile ya bukan orang suci yang benar-benar telah bebas dari semua kesalahan. Miss Smile hanya menyadari bahwa ada Tuhan yang selalu mengawasinya dan dia juga tidak suka terlibat di dalam pembicaraan semacam itu.
Mazmur 139:2-4  Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi. Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN.
Seringkali Miss Smile hanya bertanya-tanya di dalam hati tetapi tiba-tiba ada yang menjawabnya dengan lantang meskipun orang yang bersangkutan tidak mengetahui bahwa dia sedang menjawab pertanyaan Miss Smile. Lagipula siapa bilang bayarannya sama? Tuhan pasti adil lha.
Kolose 3:23-25  Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya. Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.