Sunday, November 25, 2018

Perang Tanpa Suara

Keluarga yang Berkemenangan

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 25 Nov 2018

Perang tanpa suara belum tentu berakhir lucu jika disertai bahasa isyarat yang bisa dipahami oleh lawan atau disertai aksi diam beribu masa. Jika isteri marah tanpa suara dengan mengarahkan telunjuknya ke arah suami lalu garuk-garuk seperti monyet, suami ya pasti paham maksudnya dan bertambah marah. Suami bisa membalas dengan mengarahkan telunjuknya ke isteri lalu menempelkan telunjuk tersebut secara miring di dahi. Alhasil, suasana bertambah panas sehingga bisa berakhir dengan aksi lempar-lemparan atau aksi meninggalkan sidik jari pada tubuh lawan. 

Aksi diam saat bertengkar juga menjadi parah jika berlangsung berlarut-larut. Jika keduanya tak mau lagi saling bicara untuk waktu yang lama, perang dingin ini bisa mengakibatkan salah satu pihak mencari 'selimut' lain untuk menghangatkan diri. Hal ini terjadi karena manusia tidak didesain untuk berbicara dengan dinding. Daripada memiliki pasangan yang seperti dinding, beberapa orang merasa lebih baik berkomunikasi dengan orang lain. Namun, orang lain juga belum tentu mau berkomunikasi dengan mereka.

Kesulitan komunikasi tersebut membuat beberapa negara mulai mengembangkan teknologi komunikasi yang memungkinkan manusia berbincang dengan robot atau gadget sebagai alternatif. Mereka pun diciptakan semirip mungkin dengan manusia. Bahkan, ada pria yang menikahi robot agar bisa memiliki pasangan hidup sesuai keinginannya.

Hmmm... apa jadinya ya jika setiap orang memiliki robot sebagai teman hidup? Kemungkinan besar karakter manusia tidak bisa mengalami pertumbuhan karena Tuhan telah menciptakan manusia secara sempurna dalam ketidaksempurnaannya agar sesama manusia dapat saling mengasah karakter masing-masing. 

Amsal 27:17 Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.

Semoga saja manusia tidak hanya melahirkan generasi robot sehingga terjadi masalah seperti dalam film Terminator, tetapi bisa melahirkan generasi yang takut akan Tuhan.

Yesaya 42:8 Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung.

Tuhan tidak akan memberkati pernikahan dengan robot lho. Sekalipun robot bisa menolong, dia bukanlah penolong yang sepadan bagi manusia karena penciptanya berbeda. Robot juga tidak ditentukan untuk menguasai Bumi karena manusia yang sudah dipilih untuk menguasai Bumi dan firman-Nya tidak bisa dibatalkan. 

Kejadian 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." 

APA ADANYA - GMS Live (Album: Kupercaya Mujizat 2) 

Kebenaran-Mu di batinku, kutaruh perkataan-Mu jujur tulus murni di hadapan-Mu. Tak ada selubung Kau dapati di dalamku dan hatiku terbuka 'tuk Kau selidiki selalu. 

Chorus: Kudatang pada-Mu Bapa terang apa adanya. Tiada yang kusembunyikan. Yang Kau lihat padaku semuanya kuberikan kepada-Mu apa adanya. Hatiku milik-Mu. 

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.