Saturday, February 11, 2017

Penyebab Kegagalan Pernikahan ~ Pdt.Fuji Harsono

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 12 Februari 2017

Kegagalan dalam berkeluarga seringkali terjadi sebelum pernikahan itu terjadi. Penyebabnya:
1. Sebelum menikah sudah tidak yakin akan pasangannya. Namun, karena sudah terlanjur jalan bersamanya, akhirnya menikah juga. Sebaiknya jangan menikahi pacar jika dari awal sudah tidak yakin kepadanya.

2. Tidak menjaga kekudusan pada masa pacaran.
Ada seorang pria yang curhat kepada teman CGnya perihal isterinya yang minta cerai. Lalu dia ditanya: "Apakah pernah berhubungan intim di luar nikah?" Lantas pria tersebut mengakuinya dan disarankan meminta maaf kepada isterinya. Isterinya telah menyukainya sejak kelas 1 SMA tetapi mereka baru pacaran saat kelas 3 SMA. Namun, lulus SMA mereka harus berpacaran jarak jauh karena si pria kuliah di luar negeri. Karena rindu, pacarnya menyusul lalu terjadilah hal yang tidak seharusnya.

Efek Kegagalan PernikahanPria tersebut berpikir bahwa itu masa lalu dan tak ada hubungan dengan masalahnya sekarang. Meskipun demikian, dia mendatangi isterinya yang tak mau lagi berbicara kepadanya lalu berkata kepadanya: "Yang, kamu masih ingat hari itu ketika aku mengajakmu ...? Aku minta maaf sudah melakukan hal itu." Selama 5 menit isterinya diam saja sehingga dia berpikir: "Benar kan... tak ada hubungannya."

Namun, sekitar 5 menit kemudian isterinya menangis dan berkata: "Semenjak hari itu aku sudah tidak mempercayaimu. Jika kamu bisa melakukannya denganku, kamu juga bisa melakukannya dengan wanita lain yang lebih cantik dariku." Ternyata si pria juga berpikir sama bahwa mungkin saja isterinya juga pernah melakukan hal itu dengan pria lain. Inilah akar masalah dalam keluarga mereka yang harus diatasi.

Berkat Abraham ada 4, yaitu:
1. Menjadi bangsa yang besar.
2. Namanya mashyur atau terkenal.
3. Menjadi berkat. Setiap orang yang memberkatinya, akan diberkati dan setiap orang yang mengutuknya, akan dikutuk sehingga Abraham tidak bisa dikutuk.
4. Seluruh bangsa akan mendapat berkat melalui dirinya.

Namun, Abraham tidak langsung menerima janji-janji itu. Ketika dia tidak punya anak, Sara menawarkan Hagar dan Abraham menyetujuinya. (Kejadian 16) Ini kesalahan mereka berdua. Abraham pun sempat memberikan Sara kepada Firaun karena takut. (Kejadian 12) Barulah pada Kejadian 18 Tuhan kembali mendatangi Abraham dan memulihkan dia.

Jadi, keluarga harus beres dulu. Jika keluarga sudah beres, janji-janji Tuhan akan digenapi. Tuhan juga sempat mau membunuh Musa karena setelah dilantik oleh Tuhan dia tidak menyunat anaknya padahal setiap lelaki Israel harus disunat. Jika kita tidak mentaati Tuhan atau menjalankan tugas keimamatan dalam keluarga, kita pun bisa didiskualifikasi oleh-Nya.

Setiap suami berfungsi sebagai imam, nabi, dan raja sedangkan isteri berfungsi sebagai pengasuh, penolong, pengelola rumah tangga, dsb. Ketika Hawa menawarkan buah terlarang kepada Adam, seharusnya Adam menolak dan juga melarang Hawa memakannya. Kalaupun Hawa sudah memakannya, seharusnya Adam membawa Hawa ke dalam pertobatan dan memulihkan hubungannya dengan Tuhan. Namun, Adam malah ikut memakannya sehingga mereka berdua sama-sama terusir dari Taman Eden.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.