Sunday, August 7, 2016

Jangan Padamkan Roh ~ Pdt. Victor D.F.

Catatan Ibadah ke-2 Minggu 07 Agustus 2016
1 Tesalonika 5:19 Janganlah padamkan Roh,

Penyebab Roh Padam:

1. Mengalami masalah bertubi-tubi.

2. Hidup dalam masa lalu (trauma).
Orang yang hidup dalam kegagalan masa lalu cenderung tidak mau maju karena takut gagal lagi. Belajarlah dari pemilik KFC yang gagal berulang kali tetapi tak berhenti berusaha hingga akhirnya bisa sukses. Jadi, orang yang paling sering gagal akan menjadi orang yang paling sukses karena banyak hal telah dicoba olehnya.

3. Tidak mempunyai lingkungan yang menolong.

4. Mendapat perlakuan yang tidak baik / tidak disukai.

5. Salah mengerti dengan Tuhan.
Mengingat akan-Mu
Di sebuah sekolah ada kepala sekolah baru yang tidak mau lagi mempekerjakan karyawan yang buta huruf. Karena penjaga sekolah buta huruf, dia pun dipecat. Padahal, dia sudah tua dan juga sudah lama menjaga sekolah tersebut. Dia bisa saja salah mengerti dengan Tuhan. Namun, setelah dipecat dia berkeliling dulu ke daerah-daerah sekitarnya. Kemudian dia baru pulang ke rumah dan memberitahu isterinya: "saya dipecat tetapi saya sudah punya ide untuk membuka warung."

Biasanya wanita itu seperti gua yang menggemakan sesuatu yang didengarnya. Ketika suami menyampaikan kabar buruk, wanita cenderung menjadi ketakutan berlebihan, kecuali wanita itu dekat dengan Tuhan. Seringkali wanita takut duluan dan bukan berpikir duluan padahal yang ditakutkan belum tentu terjadi. Namun, bapak penjaga sekolah tersebut tidak pulang dengan berita buruk saja. Dia juga membawa ide baik dan ternyata usahanya laris. Lantas bapak itu meminta isterinya untuk ikut membuka warung di tempat lain. Selanjutnya, keponakannya juga diajak membuka usaha yang sama.

Karena keponakannya membutuhkan modal usaha, dia pun ke rumah bapak itu untuk meminjam uang. Sesampainya di sana keponakan terkejut karena melihat bapak itu menyimpan banyak uang di dalam koper. Lantas dia disarankan pergi ke bank yang tak jauh dari rumahnya agar uang itu aman. Bapak itu segera menuruti sarannya dan pergi ke bank sambil membawa koper.

Karena buta huruf, dia hanya mengatakan bahwa dia mau menyetor uang yang tidak diketahui jumlahnya karena tidak pernah dihitung. Petugas di sana segera mengambilkan form setoran dan meminta bapak itu menyerahkan uangnya. Maka, terkejutlah dia ketika melihat uang yang banyak di dalam koper. Setelah uang dihitung bapak itu disodori slip setoran dan dia hanya memandanginya lalu berterus terang bahwa dia buta huruf.

Maka, teller berkata: "jika bapak sekolah, bapak bisa punya uang lebih banyak." Namun, bapak itu berkata: "jika saya sekolah dan tidak buta huruf, saya hanya menjadi penjaga sekolah dan tidak mungkin membuka usaha sendiri." Jadi, kita tidak boleh salah mengerti dengan Tuhan karena kadang kala hal buruk Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.

Hal yang Terjadi bila Roh kita Padam:

1. Mudah menyerah, mudah marah, mudah tersinggung.
2. Menjadi orang Kristen jiwani: mudah sakit hati.
3. Selalu hidup dalam pergumulan yang tidak ada habisnya dan mengandalkan kekuatan diri sendiri.
4. Bosan ke gereja. Bahkan, ada orang yang masih rajin melayani di gereja tetapi spiritnya sudah tidak ada.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.