Sunday, May 15, 2016

Ciri Orang Tawar Hati (2) ~ Pdt.Judy Koesmanto

Catatan Ibadah ke-2 Minggu, 15 Mei 2016

MATA HATINYA TERTUTUP
Orang yang rajin ke gereja belum tentu mengerti kehendak Tuhan karena mata hatinya tertutup. Contoh: Ada orang yang ke gereja dengan membawa tas mahal. Jika terkena air mata, tas itu susah dibersihkan. Ketika dia berdiri untuk memuji dan menyembah Tuhan, dia letakkan tasnya di atas kursi. Beberapa saat kemudian dia mendengar orang yang berdiri di belakangnya terisak-isak. Maka, dia segera menoleh ke tasnya dan buru-buru membersihkan tas mahalnya dari tetesan air mata orang itu. Nah, ketika penyembahan selesai, dia langsung memarahi orang tersebut padahal dia baru saja mendengar khotbah supaya sabar.
Yohanes 6:26  Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.
Orang yang tawar hati akan mencari Yesus hanya untuk memenuhi kebutuhan jasmani mereka. Mereka mencari Yesus hanya untuk memperoleh berkat jasmani sehingga tidak bisa memahami perkara-perkara rohani.
Yohanes 6:35  Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.
Orang yang mengerti kehendak Tuhan tidak akan meninggalkan-Nya karena berbagai pencobaan yang ada. Namun, orang tawar hati cenderung memilih jalan pintas dan berkompromi dengan dosa padahal Tuhan mau mendidik setiap anak-Nya.
Yohanes 6:66  Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia.
Didikan Tuhan
Jika Tuhan menjawab 'Tidak', Dia sedang melatih kesabaranmu dan Dia sedang mempersiapkan sesuatu yang jauh lebih baik daripada permintaanmu. Oleh karena itu, tetaplah buka hati, percaya kepada Roh Kudus, dan lakukan perintah-Nya.

TIDAK TERTARIK kepada HAL-HAL ROHANI

Ko Judy selalu melewati salon mini tetapi dia tidak membutuhkannya. Suatu hari dia ingin menonton pertandingan bulu tangkis meskipun dia tidak bisa bermain bulu tangkis karena olah raga favoritnya adalah yoga alias yo gak lapo-lapo... hehehe... Karena tidak mengetahui letak lapangan bulu tangkis, dia pun menanyakan jalannya kepada beberapa teman. Beberapa di antaranya mengatakan belok kanan, kiri, dst tetapi ko Judy tetap tidak mengetahui tempatnya. Hingga akhirnya ada yang bertanya: “kamu tahu salon mini?” Nah, karena sering melewatinya, tentu saja dia tahu. Maka, dia pun diarahkan temannya dari salon mini belok ke kiri lalu ketemulah lapangannya. Ternyata salon mini ada gunanya juga.

Firman Tuhan juga seperti itu sehingga biasakanlah dirimu membaca firman Tuhan. Meskipun tidak paham, tetaplah membacanya karena mungkin saja berguna di lain kesempatan. Namun, jangan salah membaca Alkitab.

Contoh yang salah: Ada orang patah hati lalu meminta Tuhan berbicara kepadanya. Setelah itu dia langsung membuka Alkitab secara acak dan pas ketemu ayat tentang Yudas yang mati gantung diri lalu dia berpikir bahwa Tuhan ingin dia bunuh diri. Ini salah karena Tuhan tidak pernah meminta orang bunuh diri. Tidak ada ayatnya.

Contoh lain yang salah: Seseorang berkata: "Tuhan berbicaralah padaku" lalu dia langsung membuka Alkitabnya secara acak dan jatuh tepat pada halaman yang kosong (batas pemisah Perjanjian Lama dengan Perjanjian Baru). Maka, dia segera berpendapat bahwa Tuhan tidak berbicara kepadanya. Ini salah karena Tuhan selalu berbicara dengan banyak cara.

Bacalah Alkitab secara berurutan (termasuk silsilah) dan selanjutnya Roh Kudus sendiri yang akan membimbingmu. Jangan berkata: "Tuhan, ingatkan aku akan firman-Mu" tetapi tidak pernah membaca Alkitab. Bagaimana Tuhan bisa mengingatkanmu akan firman-Nya jika kamu tidak pernah membacanya?

Kita harus sengaja berapi-api bagi Tuhan, seperti menyalakan kompor. Ketika menyalakan kompor, kita tidak mungkin hanya menyanyikan lagu "Nyalakan Api-Mu" lalu apinya muncul sendiri. Namun, kita harus dengan sengaja menyalahkan apinya dengan memutar tombol kompor gasnya.

NYALAKAN API-MU ~ GMS Live (Franky Kuncoro)

Jiwa bebas terlepas. Kuasa maut t'lah terhempas. Nama Yesus pemenang. Nama Yesus jawaban. Langkah tak 'kan berhenti. Berlari sampai akhir. S'rukan tinggi Nama-Nya. S'rukan ajaib Nama-Nya.

Pre Chorus: Roh Kudus membakar setiap kami. Naikkan pujian mujizat terjadi.

Chorus: Mengalir kuasa-Mu. Nyalakan api-Mu. Kunyanyi oeo oo eo o... oeo oo. Tercurah kuasa-Mu. Nyalakan api-Mu. Kunyanyi oeo oo eo o... oeo oo. Keajaiban terjadi.

Bridge: Oeo oo eo o...oeo oo eo o...x4

(Album: I Declare >> pustakarajawali.com/categories/97-album-i-declare-cddvd.html)

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.