Monday, February 1, 2016

Keluarlah dari Perahu ~ Ps.Will Hart

Catatan Ibadah ke-3 Minggu, 31 Januari 2016

Bacaan Matius 14:22-33 Yesus berjalan di atas air
Matius 14:22  Sesudah itu Yesus segera memerintahkan murid-murid-Nya naik ke perahu dan mendahului-Nya ke seberang, sementara itu Ia menyuruh orang banyak pulang.
Yesus meminta murid-murid-Nya mendahului Dia dan nantinya Dia akan menyusul mereka. Namun, Yesus tidak mengatakan detailnya.
Matius 14:25-26  Kira-kira jam tiga malam datanglah Yesus kepada mereka berjalan di atas air. Ketika murid-murid-Nya melihat Dia berjalan di atas air, mereka terkejut dan berseru: "Itu hantu!", lalu berteriak-teriak karena takut.
Tengah malam Yesus tiba-tiba muncul dengan cara tak terduga sehingga para murid mengira Dia hantu. Hantu berarti musuh. Para murid mengira Dia musuh.
Matius 14:27-29  Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!" Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air." Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus.
Yesus Berjalan di Atas Air
Petrus tidak yakin bahwa Dia Yesus sehingga dia berkata: "apabila Engkau itu". Namun, Petrus beriman kepada Yesus sehingga dia memberanikan diri melanjutkan perkataannya: "suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air". Lalu Yesus pun memintanya datang sehingga Petrus segera berjalan di atas air sambil memandang Yesus.

Di perahu kecil itu ada 12 orang Kristen tetapi hanya 1 orang yang mau keluar dari perahu mendapatkan Yesus. Jangan puas hanya dipilih Tuhan. Daripada tetap berada di dalam perahu bersama 11 orang Kristen lainnya yang hanya berbicara, lebih baik keluar dari perahu untuk mendatangi Yesus dan berjalan bersama-Nya di atas kemustahilan.

Banyak orang bisa dengan mudah mengangkat tangannya ketika ditanya: “siapa yang mau dipakai Yesus?” Namun, Tuhan melihat hati kita. Yesus bisa muncul di hadapan kita dengan cara-cara yang tak pernah kita pikirkan untuk melihat respon hati kita. Ketika membuat mujizat, Yesus tidak menjelaskan bahwa akan ada badai atau angin. Namun, Dia langsung meminta Petrus datang kepadanya.
Matius 14:30  Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!"
Ketika Petrus mengalihkan pandangannya dari Yesus, dia mulai ketakutan dan tenggelam. Meskipun kita selalu ingin mengikuti Yesus, tanpa disengaja kita bisa saja bersikap seperti Petrus yang mengalihkan pandangan dari Yesus.
Matius 14:31  Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?"
Namun, Yesus bersedia menolong kita. Selanjutnya, Yesus pun naik ke dalam perahu mereka.
Yohanes 6:21  Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.