Sunday, August 2, 2015

Apa Hanya 144.000 ?

Catatan Ibadah ke-3 Minggu, 2 Agustus 2015: Wahyu pasal 7 oleh Philip Mantofa

Bacaan Wahyu 7:1-8 tentang Orang-orang yang Dimeteraikan dari Bangsa Israel
Wahyu 7:4-8 Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel. Dari suku Yehuda dua belas ribu yang dimeteraikan, dari suku Ruben dua belas ribu, dari suku Gad dua belas ribu, dari suku Asyer dua belas ribu, dari suku Naftali dua belas ribu, dari suku Manasye dua belas ribu, dari suku Simeon dua belas ribu, dari suku Lewi dua belas ribu, dari suku Isakhar dua belas ribu, dari suku Zebulon dua belas ribu, dari suku Yusuf dua belas ribu, dari suku Benyamin dua belas ribu.
Roma 11:25 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.
>> Oh... saya suka ini...

Curhat: 144.000
Yes... pertanyaanku semalam akan dijawab-Nya. Ketika membaca Wahyu pasal 7, aku berkata: "Oh Tuhan, benarkah hanya 144.000 orang yang diselamatkan? Kenapa hanya 144.000 orang? Surga itu 'kan luas dan pasti bisa menampung semua orang yang ada di dunia ini. Kalau hanya dihuni 144.000 orang, 'kan sepi."
Jawab-Nya: “Ayat ini berbicara tentang bangsa Israel. Sebelum Israel diselamatkan, bangsa-bangsa lain akan diselamatkan terlebih dahulu sampai jumlah yang penuh.”
Jadi, kabar baiknya yang akan diselamatkan ada lebih dari 144.000 orang tetapi kabar buruknya tidak semua orang bisa masuk Surga dan ada batasan jumlah yang tidak kita ketahui.

Tuhan ingin menyelamatkan orang Yahudi sesuai janji-Nya kepada Abraham tetapi mereka menolak. Karena kedegilan hati mereka, bangsa-bangsa lain mempunyai kesempatan untuk memperoleh keselamatan terlebih dahulu dan saat ini kebangunan rohani sedang terjadi di Asia. (Baca Roma 10:16 - Roma 11:4)

Setelah bangsa-bangsa lain diselamatkan hingga jumlah yang penuh (setelah pengangkatan), bangsa Israel akan diselamatkan pula. Suku Dan tidak ikut diselamatkan karena suku inilah yang pertama kali menyembah berhala. Suku Efraim juga tidak diselamatkan karena suku ini yang pertama kali memberontak kepada Tuhan. Lalu hak keselamatan suku Efraim dikembalikan kepada papanya sehingga suku Yusuf ikut dimeteraikan.

Suku Yehuda diselamatkan terlebih dahulu meskipun dia bukan anak sulung karena Yehuda telah membela anak kesayangan Israel, yaitu Benyamin. (Kejadian 44:18-34)Suku Ruben telah kehilangan hak kesulungan karena Ruben pernah tidur dengan Bilha, gundik ayahnya. (Kejadian 35:22)

Tuhan tetap mau menyelamatkan bangsa Israel meskipun mereka masih menolak-Nya karena Tuhan telah berjanji kepada Abraham untuk menjaga keturunannya. Jadi, Tuhan pun pasti menjaga keturunan kita bila kita tetap beriman kepada-Nya seperti Abraham.

SEINDAH PELANGI ~ Yehuda Singers

Seindah pelangi, secerah mentari,
janji-MU teruji, Engkau Yesus yang terpuji.

Seindah pelangi, secerah mentari,
janji-MU teruji, Engkau Yesus yang terpuji.

Kini Engkau kumiliki, hatiku bernyanyi,
kar'na aku Kau miliki, jadikan hidupku berarti.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.