Sunday, July 20, 2014

Hari Ke-24: Kebenaran Mengubahkan Aku

Renungan Hari Ke-24 dari buku 'Purpose Driven Life' ~ Rick Warren (Untuk Apa Aku Ada di Dunia Ini)
"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." (Yohanes 8:31-32) 
Apakah yang telah Tuhan katakan kepadaku dalam firman-Nya yang belum mulai kulakukan?


Belum Sempurna

“Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna." (Matius 5:48)
Di Alkitab ada banyak firman Tuhan. Meskipun telah kubaca semuanya, tentu tak bisa kuingat semuanya. Apa yang belum mulai kulakukan? Bagaimana aku tahu jika tidak membaca atau mendengar firman-Nya lagi, lagi, lagi, lagi, lagi, lagi, dan lagi... setiap hari... karena firman-Nya selalu baru tiap hari?

Karena menyadari daya ingat kita yang serba terbatas, Tuhan merangkum firman-Nya dalam bentuk 10 Perintah Allah. (Keluaran 20:1-17)
  1. Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
  2. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku, tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku. 
  3. Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan. 
  4. Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti  pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya. 
  5. Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. 
  6. Jangan membunuh.
  7. Jangan berzinah.
  8. Jangan mencuri.
  9. Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu. 
  10. Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu.
Namun, kesepuluh firman tersebut masih cukup susah untuk diingat. Maka, Yesus menyederhanakan firman tersebut menjadi dua firman.
  1. "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.” (Markus 12: 30)
  2. "Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." (Markus 12:31)

"Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus." (Filipi 3:13-14)

"Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran." (Kolose 3:12)

Firman Tuhan adalah Kebenaran
"Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita." (Kolose 3:17)


Lirik Lagu 'Give Thanks' (Bersyukur)
http://youtu.be/Bk_7wUR2Wdg

Give thanks with a grateful heart. (Bersyukur dengan hati yang ikhlas)
Give thanks to the Holy One. (Bersyukur kepada Yang Esa)
Give thanks because He's given Jesus Christ His son. (Bersyukur karena Dia memberikan Yesus Kristus, anak-Nya)

And now let the weak say I am strong. (Dan sekarang biarkan yang lemah berkata: "aku kuat")
Let the poor say I am rich. (Biarkan yang miskin berkata: "aku kaya")
Because of what the Lord has done for us. (Karena apa yang telah Tuhan lakukan untuk kita)

And now let the sick say, I am healed. (Dan sekarang biarkan yang sakit berkata: "aku disembuhkan")
Let the bound say, I am Free. (Biarkan yang terikat berkata: "aku bebas")
Because of what He has done for use. (Karena apa yang telah Tuhan lakukan untuk kita)
Give thanks. (Bersyukur)

Give thanks. Give thanks. (Bersyukur. Bersyukur)

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.