Sunday, February 5, 2023

Pengelola yang Handal ~ Ps. Frederick Abel

Catatan Ibadah ke-1 Minggu 5 Februari 2023

SEMUANYA DARI-MU
Berjalanlah di depanku dan tuntunku di setiap langkahku. Ku 'kan s'lalu berharap pada-Mu, Sahabatku, Bapa, dan Rajaku.
T'rimalah semua hormat dan pujian yang kuberi dan kubawakan syukur bagi kasih yang sejati. Semuanya dari-Mu. Semuanya untuk-Mu. Pujian syukurku Tuhan kus'rahkan pada-Mu.

Roma 8:32 Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?

Jika Tuhan telah menyerahkan Anak-Nya sendiri kepada kita, hal-hal lainnya juga pasti diserahkan kepada kita. Mana mungkin Dia tidak memberikan segala sesuatunya kepada kita bersama dengan Dia? Ini berarti semua yang kita miliki adalah milik-Nya.

Jika semua adalah milik Tuhan, kesehatan kita merupakan milik-Nya, impian dan rencana kita juga milik-Nya, pekerjaan dan uang kita pun adalah milik-Nya. Maka, tugas kita hanyalah sebagai bendahara yang mengelola milik Tuhan.

Lukas 16:10 "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Orang yang tidak setia dalam perkara kecil, ia tidak setia juga dalam perkara besar. Pada kalimat berikutnya Tuhan tidak lagi bicara tentang setia, tetapi tentang ketidakbenaran. Jika tidak benar dalam perkara kecil, tentu tidak benar juga dalam perkara besar.

Lukas 16:11 Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?

Jika tidak jujur dalam hal uang, siapa yang akan mempercayakan harta sesungguhnya? Karena semua adalah milik Tuhan, suka tidak suka kita semua akan diberi tanggung jawab untuk mengelola milik-Nya. Ada yang diberi tanggung jawab 1 talenta, ada yang 5 talenta, dan ada yang 10 talenta. Ini semua sesuai dengan kesanggupan tiap orang.

Namun, jika kita tidak mengelolanya dengan baik, kita akan kehilangan harta itu. Hubungan yang tidak dikelola dengan baik, akan hilang. Komunikasi yang tidak dikelola dengan baik, juga akan hilang. Pekerjaan yang tidak dikelola dengan baik, juga pasti hilang.

Lukas 16:12 Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?

Karena semua milik kita berasal dari Tuhan, harta orang lain yang dimaksud adalah harta Tuhan. Nah, jika kamu tidak setia dalam harta Tuhan, siapa yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?

Ada beberapa kutipan para motivator yang sering kita dengar, antara lain:
* Uang memang bukan segalanya, tetapi segala sesuatu perlu uang.
* Uang tidak bisa menyelesaikan segalanya, tetapi banyak hal bisa diselesaikan dengan uang.
* Uang tidak dibawa mati, tetapi tanpa uang serasa ingin mati.
Silahkan dinilai sendiri kebenaran kutipan tersebut karena ada benarnya dan ada pula tidak benarnya.

Karena uang itu penting, kita pun melihat di Alkitab bahwa Tuhan seakan-akan membandingkan Diri-Nya dengan uang. Maka, Dia mengatakan bahwa kita tidak bisa mengabdi kepada dua tuan. Pilih Tuhan atau uang? Kita tidak bisa memilih keduanya.

Lukas 16:13 Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Pengelola Handal

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.