Sunday, January 4, 2015

Berdoalah Senantiasa

Secuplik khotbah hari ini oleh pendeta yang ada di foto (Pdt.Samuel Handoko):

* Sedikit Berdoa, Sedikit Mujizat.
* BANYAK BERDOA, BANYAK MUJIZAT.
* tidak berdoa, tidak ada mujizat.
"Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan satu cawan emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus." (Wahyu 5:8)
---> Doa-doa kita dipermuliakan oleh Tuhan dengan menempatkannya di dalam cawan emas karena:

1. Kita berharga bagi Dia. Bahkan, rambut di kepala kita dihitung-Nya. Kalaupun ada yang jatuh, itu atas kehendak-Nya.
"Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekor pun dari padanya yang dilupakan Allah, bahkan rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit." (Lukas 12:6-7)
2. Tuhan mau bekerja lewat doa-doa kita agar kita semakin mengenali Tuhan.
"Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu." (Yohanes 16:23-24)
---> Ketika doa-doa kita terjawab, tentu kita akan mengenali pekerjaan Tuhan dan bersukacita karena hal tersebut.

3. Doa menunjukkan reputasi-Nya.
"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan." (Matius 7:7-8)
---> Tuhan sanggup mengabulkan semua permintaan kita.


Namun, jika kita terus berdoa tetapi hingga kini belum dikabulkan, cobalah periksa motivasi doanya.
"Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.

Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu."

(Yakobus 4:2-3)
---> Jangan berdoa dengan motivasi yang salah.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.