Sunday, August 12, 2018

Semerbak Minyak Urapan (2) ~ Ps. Jose Carol

Semerbak Minyak Urapan
Catatan Ibadah ke-1 Minggu 12 Agustus 2018

2. Pemberdayaan.
Keluaran 31:1-5 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, telah Kutunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda, dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan, untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga; untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan.
Setelah beroleh pengurapan, Tuhan akan memampukan kita dengan memberi keahlian, pengetahuan, dan pengertian. Keahlian harus dilatih hingga kita semakin terlatih. Ketika keahlian kita digunakan, nama Tuhan dipermuliakan. Jika kita perlu dioperasi, tentu kita lebih membutuhkan dokter yang tangannya tenang daripada orang yang hanya mampu berdoa marifaat atau berbahasa Roh.

Sadrakh, Mesakh, Abednego, dan Daniel. Tidak ada lalat di dalam kehidupan mereka dan mereka juga cerdas sehingga dipercaya oleh raja. Kita juga harus mau terus belajar atau terus menerus mengejar pengetahuan. Pengetahuan tidak hanya didapat di bangku sekolah. Saat ini sekolah mahal tetapi pengetahuan juga bisa didapat di luar sekolah. Pengetahuan hanya bisa dimiliki dengan sikap rendah hati. Pengetahuan yang ditindaklanjuti akan menjadi pengertian.
Matius 13:12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
Benih bisa dimakan burung kalau kita tidak mengerti. Kita bisa ditipu oleh iblis jika kita tidak mengerti. Jadi, pengertian bisa menyelamatkan pernikahan, menyelamatkan bisnis, memberi pemulihan, memberi harapan, dll. Jika kita tidak mengerti, semua bisa diambil dari kita.
Kejadian 41:38 Lalu berkatalah Firaun kepada para pegawainya: "Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan Roh Allah?"
Yusuf menjadi orang nomer dua di Mesir bukan karena kemampuannya menafsirkan mimpi. Kita membutuhkan karunia rohani tetapi kita juga membutuhkan hikmat. Hikmat memberi jawaban. Namun, hikmat tidak terjadi jika kita belum memiliki pengetahuan dan pengertian. Karena Yusuf memiliki jawaban atas permasalahan yang ada di Mesir, dia pun dipromosikan. Dia memiliki pengetahuan dan pengertian tentang manajemen, keuangan, budgeting, dan logistik. Entah darimana dia belajar semua itu.
Amsal 2:6 Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.

3. Perlindungan.
Mazmur 18:50-51 Sebab itu aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu di antara bangsa-bangsa, ya TUHAN, dan aku mau menyanyikan mazmur bagi nama-Mu. Ia mengaruniakan keselamatan yang besar kepada raja yang diangkat-Nya, dan menunjukkan kasih setia kepada orang yang diurapi-Nya, yaitu Daud dan kepada anak cucunya untuk selamanya."
Orang yang diurapi oleh Tuhan juga akan senantiasa dilindungi oleh-Nya. Ini seperti domba-domba di Swiss yang dijaga oleh gembalanya. Hidung domba-domba tersebut sering dikerubuti serangga dan mereka tidak punya tangan untuk mengusir serangga. Keberadaan serangga tersebut bisa menyebabkan mereka sakit hingga mati. Maka, untuk melindungi mereka dari serangga, gembala di Swiss mengurapi wajah mereka dengan ramuan minyak tertentu. 

Setiap hari isteri juga harus membantu suami menjaga urapannya agar terhindar dari lalat korupsi, lalat perselingkuhan, atau lalat lainnya. Suami pun harus membantu isteri menjaga urapannya agar terhindar dari lalat sale (belanja) atau lalat lainnya.
Mazmur 23:5 Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

BEKERJALAH YA ROH KUDUS (GMS Live)
Verse 1: Roh Kudus hadir di sini, Pribadi yang menawan dan suci. Kurindu mendekat mengerti hati-Mu, Berjalan dalam kehendak-Mu.
Verse 2: Roh Kudus manis dan lembut, Penolong yang sejati dan suci. Kurindu mendekat mengerti hati-Mu, Berjalan dalam kuasa-Mu.
Chorus: Bekerjalah ya Roh Kudus. Bertahtalah lebih lagi. Urapan-Mu, lawatan-Mu, Kaulah yang kuperlu. Kau terutama di hidupku.

0 komentar:

Post a Comment

* Semua Catatan Ibadah di blog ini tidak diperiksa oleh Pengkhotbah terkait.